WIJAYA, RONI (2019) Implementasi Cooperative Learning Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
RONI WIJAYA_084 144 077.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
Abstract
Guru sebagai pendidik yang professional harus mampu menyiapkan proses pembelajaran dengan melibatkan siswa secara langsung. Untuk itulah seorang guru harus mampu memilih model pembelajaran yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan, sehingga siswa dapat termotivasi serta bersemangat dalam belajar dan menjadikan siswa lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran di kelas. Maka dari itu, pembelajaran kooperatif berpengaruh pada sikap-sikap positif siswa terhadap teman-temannya meskipun mereka berasal dari kebudayaan dan latar belakang sosial yang beragam serta memiliki kebutuhan-kebutuhan tersendiri. Pembelajaran terkadang bersifat membosankan karena model pembelajaran yang digunakan oleh guru tergolong monoton. Model pembelajaran Cooperative Learning Tipe STAD ini diharapkan dapat menambah pemahaman siswa tentang berakhlak baikdan bisa menyelesaikan permasalahan tersebut. Berdasarkan latar belakang tersebut, fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan Cooperative Learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Jember? (2) Bagaimana pelaksanaan Cooperative Learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Jember? (3) Bagaimana evaluasi Cooperative Learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Jember? Tujuan penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan perencanaan Cooperative Learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri I Jember. (2) Mendeskripsikan pelaksanaan Cooperative Learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember? (3) Mendeskripsikan evaluasi Cooperative Learning pada mata pelajaran aqidah akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian Field Research. Subjek penelitian dengan cara Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga teknik, yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan analisis datanya menggunakan model analisis interaktif yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi yaitu triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian: (1) Perencanaan Cooperative Learning pada mata pelajaran aqidah akhlak dikelas yaitu dengan cara menyiapkan silabus serta membuat RPP yang dikembangkan dari silabus dan menyiapkan beberapa alat peraga guna mempermudah pemahaman siswa. (2) Pelaksanaan Cooperative Learning pada mata pelajaran aqidah akhlak dikelas III yaitu dengan meliputi kegiatan awal, inti dan akhir (penutup). (3) Evaluasi Cooperative Learning pada mata pelajaran aqidah akhlak kelas III yaitu dengan menggunakan evaluasi atau penilaian otentik berupa tes yaitu tes tertulis maupun tidak tertulis. Dimana evaluasi tes tertulis baik berupa soal-soal yang harus dikerjakan oleh siswa maupun tugas-tugas keterampilan lainnya yang menggunakan kemampuan keterampilan siswa sedangkan tes tidak tertulis berupa pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan langsung oleh guru disaat pelajaran berlangsung.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 06:15 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 06:15 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14537 |
Actions (login required)
View Item |