SHOLICHAH, WARDATUS (2019) Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Meningkatkan Akhlak Siswa Kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Jember Tahun Pembelajaran 2018/2019. Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Program Studi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
WARDATUS SHOLICHAH_T20154030.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
Abstract
Peran Guru adalah sebagai komunikator, sahabat yang dapat memberikan nasihatnasihat, motivator sebagai pemberi inspirasi dan dorongan, pembimbing dalam pengembangan sikap dan tingkah laku serta nilai-nilai orang yang menguasai bahan yang di ajarkan serta membimbig akhlak siswa dari yang belum baik menjadi baik. Peneliti masih menjumpai banyaknya siswa yang masih melanggar tata tetrib madrasah. Pada dasarnya semua guru di MIN 01 Jember sudah memberikan contoh yang baik kepada para siswa, namun masih banyak siswa yang melanggar peraturan yang ada di madrasah. Sebagai contoh, terdapat beberapa siswa yang merokok di lingkungan madrasah, beberapa siswa laki-laki juga tidak melaksanakan sholat berjamaah, saling mengejek antar siswa, dan kurang menghargai guru dengan berkata kurang sopan terhadap guru. Berdasarkan latar belakang tersebut, maka Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana peran guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan Akhlak siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Bagaimana pembelajaran Akidah Akhlak di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Bagaimana Upaya Guru meningkatkan Akhlak siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Tujuan penelitian ini adalah : 1) Untuk mengetahui peran guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan Akhlak siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 2) Untuk mengetahui pembelajaran Akidah Akhlak kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. 3) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan Akhlak siswa kelas V di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 01 Jember Tahun Pelajaran 2018/2019. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus dan penentuan subyek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Miles dan Huberman yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data diuji dengan menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini adalah: 1) Peran guru Akidah Akhlak dalam meningkatkan Akhlak siswa kelas V yaitu peran guru Akidah Akhlak sebagai model atau teladan bagi para peserta didik, mulai dari nasehatnya, perintahnya, dan ucapannya. 2) Pembelajaran Akidah Akhlak kelas V yaitu guru kelas tidak hanya memberikan materi pelajaran saja kepada peserta didik, dan membuat suasana pembelajaran tidak membosankan dengan meberikan metode cerita dan ice breaking agar proses pembelajaran tidak menjenuhkan. 3) mengetahui faktor pendukung dan penghambat dalam meningkatkan Akhlak siswa kelas V yaitu peran guru akidah akhlak siswa dapat meliputi memotivasi, mengawasi, membimbing, dan dapat dilakukan dengan unsur pakasaan dengan demikian dengan keterpaksaan tersebut mampu memunculkan sikap terbiasa, seperti peneliti ketahui jika dalam usia kanak-kanak masih mudah untuk diberikan pendidikan agama karna dalam pemikiran mereka masih bersih dan mudah ingat.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 07 Nov 2022 06:14 |
Last Modified: | 07 Nov 2022 06:14 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14542 |
Actions (login required)
View Item |