Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Using dalam Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fatah Sraten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021

Widiawan, Ahmad Muchlis (2020) Implementasi Kurikulum Muatan Lokal Bahasa Using dalam Pembentukan Karakter Siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fatah Sraten Banyuwangi Tahun Pelajaran 2020/2021. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Ahmad Muchlis Widiawan_T20164006.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini memiliki latar belakang yaitu kurangnya penanaman pendidikan karakter di madrasah saat ini dapat dirasakan, karena banyak terjadi penurunan karakter pada para siswa khususnya siswa Madrasah Ibtidaiyah ALFatah Sraten. Strategi yang dapat digunakan dalam membentuk karakter yaitu melalui kurikulum muatan lokal karena memiliki tujuanuntuk membangun rasa kecintaan dan melestarikan budaya daerah, muatan lokal yang terdapat di Banyuwangi yaitu muatan lokal bahasa Using. Muatan lokal bahasa Using menjadi suatu hal terpenting dalam menyumbangkan nilai-nilai positif sebagai sarana pembentukan karakter. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan kurikulum muatan lokal bahasa Using dalam pembentukan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah Sraten Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021? 2) Bagaimana implementasi kurikulum muatan lokal bahasa Using dalam pembentukan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah Sraten Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021? 3) Apa saja faktor penghambat dari implementasi kurikulum muatan lokal bahasa Using dalam pembentukan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah Sraten Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan kurikulum muatan lokal bahasa Using dalam pembentukan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah Sraten Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021. 2) Mendeskripsikan implementasi kurikulum muatan lokal bahasa Using di Madrasah Ibtidaiyah Al-Fatah Sraten Kabupaten Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021. 3) Mendeskripsikan faktor penghambat dari implementasi kurikulum muatan lokal bahasa Using dalam pembentukan karakter siswa di Madrasah Ibtidaiyah Al Fatah Sraten Banyuwangi tahun pelajaran 2020/2021. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitiannya adalah studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan konsep Miles dan Huberman yaitu kondensasi data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, maka dapat disimpulkan antara lain: 1) Perencanaan kurikulum muatan lokal bahasa using terdiri dari RPP dan silabus. 2) Implementasi kurikulum muatan lokal bahasa Using lebih mengenalkan siswa pada lingkungan sosial dan budaya masyarakat setempat serta menekankan pada pembentukkan karakter melalui nilai-nilai kebudayaan warisan leluhur, nilai karakternya terdiri dari nilai religius, mandiri, nilai gotong royong, nasionalis, integritas. 3) Faktor penghambatnya yaitu faktor internal dan eksternal. Faktor internal yaitu intelegensi siswa, sedangkan faktor eksternal yaitu metode pembelajaran dan lingkungan keluarga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 22 Feb 2021 06:14
Last Modified: 22 Feb 2021 06:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1456

Actions (login required)

View Item View Item