AYAT, SAIFUL (2021) Manajeman Pengembangan Kurikulum Dalam Mencetak Generasi Unggul Di Madrasah Ailiyah Unggulan Nurul Islam (Nuris) Jember.Tesis Program Magister Manajeman Pendidikan Islam Program Pasca Sarjana Institut Agama Islam Jember, Pembimbing 1 : Dr. Khotibul Umam, MA dan Pembimbing II : Dr. H. Abd. Muhith, S.Ag., M.Pd.I. Masters thesis, IAIN Jember.
Text
SAIFUL AYAT_0849119015.pdf - Submitted Version Download (7MB) |
Abstract
Kurikulum merupakan Oprasional Pendidikan. Untuk memperbaiki dan meningkatkan kualitas serta mencetak generasi unggul dalam Pendidikan, maka yang harus dilakukan adalah mengembangkan juga melengkapi kurikulum disesuaikan dengan potensi daerah serta tuntutan perkembangan zaman. Dengan ini Pendidikan akan mampu melahirkan putra putri bangsa yang cerdas dan terampil. Manajeman pengembangan kurikulum berarti, melaksanakan kegiatan pengembangan kurikulum berdasarkan poila pikir manajeman,atau berdasarkan proses manajeman sesuai dengan fungsi manajeman, yaitu terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan ,pengevaluasian Fokus penelitian tesis ini yaitu 1.Bagaimana Perencanaan Manajeman Pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember? 2. Bagaimana Pengorganisasian Manajeman Pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember? 3.Bagaimana Pelaksanaan Manajeman Pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember? 4.Bagaimana Pengevaluasian Manajeman Pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember? Tujuan penelitian adalah 1.Mendeskripsikan dan Menganalisis Perencanaan Manajeman Pengembangan kurikulum Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember. 2.Mendeskripsikan dan Menganalisis pengorganisasian Manajeman Pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember. 3.Mendeskripsikan dan Menganalisis Pelaksanaan Pengembangan Manajeman kurikulum di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember. 4.Mendeskripsikan dan Menganalisis Manajeman Pengembangan kurikulum di Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengambilan data yang digunakan adalah dengan cara wawancara terhadap narasumber terkait, observasi langsung di tempat penelitian, serta dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Kualitiatif,Studi Kasus. Uji keabsahan data yang dilakukan terdiri dari trianggulasi sumber, triangulasi teknik, serta membercheck. Hasil penelitian ini adalah: 1.Perencanaan Manajemen Pengembangan kurikulum di MA Nuris Jember a) Kurikukulum disusun dengan melibatkan tim pengembang kurikulum b)Langkah yang dilakukan adalah dengan menganalisis konteks dan kebutuhan serta mengidentifikasi standar nasional pendidikan. c)Kepala madrasah bersama tim pengembang kurikulum menyusun dokumen 2).Pengorganisasian Manajemen Pengembangan kurikulum di MA Nuris Jember: a) Kepala Madrasah Aliyah Unggulan Nuris Jember memberdayakan Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum dan Waka Madrasah Bidang MGMP. b) Bentuk pengorganisasian yang dilakukan yaitu dengan melakukan pertemuan MGMP secara formal, Melakukan Penjadwalan kegiatan penyegaran guru dengan mengikuti pendidikan dan pelatihan guru baik di dalam maupun di luar provinsi.3)PelaksanaanManajemen Pengembangan kurikulum di MA Nuris Jember.a)melakukan kegiatan pengawasan terhadap pelaksanaan kurikulum yang dilakukan oleh kepala madrasah. b) kepala madrasah memberi wewenang kepada wakil kepala madrasah maupun guru untuk melakukan rapat kecil (breefing) pada setiap pagi .4.Pengevaluasian Manajemen Pengembangan kurikulum di MA Nuris Jember a) Evaluasi dilakukan terhadap pencapaian kriteria ketuntasan minimal (KKM) dan selanjutnya terhadap pelaksanaan kurikulum oleh guru.c) Evaluasi dilakukan dengan memeriksa dokumen kurikulum, wawancara, dan supervisi kelas oleh Kepala Madrasah
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 03:08 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 03:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14590 |
Actions (login required)
View Item |