Hartono, Rudi (2020) Upaya Guru Dalam Menigkatkan Kompetensi di SMA Negeri 1 Tenggarang. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Program Pasca Sarjana IAIN Jember. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
Rudi Hartono_0849316043.pdf - Submitted Version Download (11MB) |
Abstract
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen menyatakan bahwa guru wajib memiliki kualifikasi akademik, kompetensi, sertifikat pendidik, sehat jasmani dan rohani, serta memiliki kemampuan untuk mewujudkan tujuan pendidikan nasional, kompetensi yang dimaksud meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi . Guru diharapkan dapat menjalankan tugas-tugasnya secara profesional dengan menguasai empat aspek yang sudah ditetapkan. Keempat aspek tersebut tidak dapat berdiri sendiri, tetapi saling berhubungan dan mempengaruhi satu sama lain. Memang tidak mudah untuk menguasai dan menerapkannya kedalam pembelajaran. Karena itu, guru harus selalu belajar dan mencoba hal-hal baru yang mendukung perkembangan dirinya, selain itu kemampuan individu dapat berkembang dengan cara pelatihan, praktik, kerja kelompok, dan belajar mandiri. Fokus penelitian dalam tesis ini yaitu: Bagaimana upaya guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogi, kepribadian, sosial dan profesional di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso? Penelitian ini bertujuan untuk: 1) mendeskripsikan upaya guru dalam meningkatkan kompetensi pedagogi, kepribadian, sosial dan profesional di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Untuk memperoleh data, digunakan pendekatan penelitian kualitatif yang dijabarkan secara deskriptif dengan metode observasi, interview dan dokumentasi yang akan dianalisa dengan menggunakan metode reflektif deskriptif kualitatif. Kompetensi pedagogik guru di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso Guru telah melaksanakan tugas pengajaran yang meliputi persiapan pengajaran, proses pengajaran dan melaksanakan tugas sebagai administrator dengan baik, hal ini terlihat pada pembuatan RPP, pelaksanaan PBM dan melaksanakan evaluasi dengan efektif. Kompetensi kepribadian guru di SMA Negeri 1 Tenggarang Bondowoso, dapat dilihat dari beberapa kegiatan yaitu kreatifitas guru dalam melaksanakan komunikasi yang baik antara guru, peserta didik dan wali siswa. Upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi social guru adalah mengikuti pendidikan dan pelatihan bidang sosial, melatih diri dengan mengikuti kegiatan-kegiatan social baik disekolah maupun di masyarakat. Aspek sosial yang lain juga dapat dilihat dari hubungan yang baik antara guru dengan guru, dengan karyawan, dengan kepala sekolah. Upaya-upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kompetensi profesional tersebut adalah mengikuti pendidikan dan pelatihan, mengikuti Musyawarah guru mata pelajaran (MGMP), workshop, update informasi terkait materi pelajaran dan kegiatan lain yang memiliki kontribusi terhadap peningkatan kompetensi profesional.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 08 Nov 2022 03:43 |
Last Modified: | 08 Nov 2022 03:43 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14614 |
Actions (login required)
View Item |