Mufidah, Nailul Karimah (2019) Hubungan Profesi Orang Tua dengan Motivasi Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri 3 Jember Dusun Krajan Desa Wirolegi Kecamatan Sumbersari Tahun 2018/2019. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
Nailul Karimah Mufidah_T20154033.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
Abstract
Profesi orang tua diartikan sebagai suatu pekerjaan yang mempersyaratkan pendidikan tinggi bagi pelakunya yang ditekankan pada pekerjaan mental, bukan pekerjaan manual. Kemampuan mental yang di maksud adalah penekanan kepada penguasaan ilmu pengetahuan. Melakukan pekerjaan berdasarkan keahlian, kemampuan teknik prosedur yang berlandaskan intelektualitas. Profesi orang tua di MIN 3 Jember ada tiga, yang pertama profesi sebagai guru/tenaga pendidik, yang ke dua profesi sebagai petani, dan yang ketiga profesi sebagai wirausaha, mayoritas di MIN 3 Jember berprofesi sebagai wirausaha, profesi wirausaha ini mempengaruhi motivasi belajar siswa, motivasi terbagi menjadi dua, yakni motivasi intrinsic dan ekstrinsik. Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Adakah hubungan profesi orang tua dengan motivasi belajar intrinsik siswa MIN 3 Jember Dusun Krajan Desa Wirolegi kecamatan Sumbersari Tahun 2018/2019? 2) Adakah hubungan profesi orang tua dengan motivasi belajar ekstrinsik siswa MIN 3 Jember Dusun Krajan Desa Wirolegi Kecamatan Sumbersari Tahun 2018/2019.? 3) Adakah hubungan profesi orang tua dengan motivasi belajar siswa MIN 3 Jember Dusun Krajan Desa Wirolegi Kecamatan Sumbersari tahun 2018/2019? Tujuan Penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan profesi orang tua dengan motivasi belajar intrinsik siswa MIN 3 Jember Dusun Krajan Desa Wirolegi Kecamatan Sumbersari Tahun 2018/2019. 2) Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan profesi orang tua dengan motivasi belajar ekstrinsik siswa MIN 3 Jember Dusun Krajan Desa Wirolegi Kecamatan Sumbersari Tahun 2018/2019 3) Untuk mengetahui ada atau tidaknya hubungan profesi orang tua dengan motivasi belajar siswa MIN 3 Jember Dusun Krajan Desa Wirolegi Kecamatan Sumbersari Tahun 2018/2019. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi sebanyak 188 siswa dan responden sebanyak 128 siswa, untuk pengambilan sampel menggunakan Stratified proportional random sampling. Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu observasi, angket dan dokumentasi. Selanjutnya untuk menganalisis data yang diperoleh, peneliti menggunakan dua analisis. Analisis deskriptif dengan mencari prosentase masingmasing kategori dan digambarkan dalam diagram lingkaran dan analisis korelasi dengan menggunakan contingency coefficient (CC) yang sebelumnya dianalisis dengan rumus chi square. Hasil penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) deskripsi tentang profesi orang tua menunjukkan bahwa 68 orang tua siswa yang memiliki profesi sebagai wirausaha, 32 berprofesi sebagai petani, dan 28 berprofesi sebagai guru. 2) deskripsi tentang motivasi belajar intrinsik menunjukkan bahwa 32 siswa dengan presentase 25% dalam kategori tinggi, 68 siswa dengan persentase 53% dalam kategori sedang, dan 28 siswa dengan persentase 22% dalam kategori rendah. 3) deskripsi tentang motivasi belajar ekstrinsik menunjukkan bahwa 44 siswa dengan persentase 35% dalam kategori tinggi, 72 siswa dengan persentase 56% dalam kategori sedang, dan 12 siswa dengan persentase 9% dalam kategori rendah
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 09 Nov 2022 02:11 |
Last Modified: | 09 Nov 2022 02:11 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14768 |
Actions (login required)
View Item |