Miftah, Zaini (2020) Analisis Strategi Peningkatan Pelayanan Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Darul Falah Dalam Mewujudkan Kepuasan Dan Loyalitas Jamaah Di Kabupaten Bondowoso. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.
Text
Zaini Miftah_0839218016.pdf Download (20MB) |
Abstract
Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) merupakan lembaga sosial Islam yang bergerak dalam bidang Bimbingan Manask Haji terhadap calon jamaah/jamaah haji balk selama pembekalan ditanah air maupun pada saat ibadah haji di Arab Saudi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) sebagai lembaga sosial keagamaan (non pemerintah) merupakan sebuah lembaga yang telah legalitas pembimbingan melalui Undang-Undang dan lebili diperjelas melalui sebuah wadah khusus dalam struktur bare Departemen Agama dengan Subdit Bina KBIH pada Direktorat Pembinaan Haji (Baku Pedoman Pembinaan KBIH, 2006:1). Tujuan penelitian adalah (1) mendiskripskan bagaimana strategi yang di jalankan KBIH di Kabupaten Bondowoso dalam meningkatkan pelayanan terhadap kepuasan dan loyalitas jamaah, (2) mendiskripsilcan peluang dan hambatan yang mempengaruhi pelayanan dalam mewujudkan kepuasan dan loyalitas jamaah KBIH di Kabupaten Bondowoso. Metode pengumpulan data primer dan sekunder melalui metode penelitian lapangan (field research), penelitian kepustakaan (library research) dana wawancara dengan pendekatan keahlian (pengurus/ jamaah /masyarakat). Hasil dari penelitian ini adalah adanya seacit kelemahan dan banyaknya peluang yang oleh pillak KBIH,Hal ini dapat dilihat Berdasarkan analisis SWOT , didapatkan perhitungannya adalah: Kekuatan Kelemahan = 4,10 — 4,45= -0,35 Peluang — Ancaman= 4,00 — 3,30= 0,70, Oleh Karena itu peneliti menemukan dari bahwa di KBIH Darul Falah masuk kategori Turn around artinya lemah tapi mempunyai peluang yang sangat besar. Dan berada pada Kuadran 3 yang berarti bahwa KBIH Darul Falah menghadapi peluang pasar yang sangat besar, tetapi dilain pink, is menghadapi beberapa kendala/kelemahan internal Fokus perusahaan ini adalah meminimalkan masalah-masalah internal perusahaan sehingga dapat merebut peluang pasar yang lebill bask.
Kata kunci : Strategi Pelayanan, Analisis SWOT
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Subjects: | 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified |
Divisions: | Program Magister > Ekonomi Syariah |
Depositing User: | Ms Maulida Agustiningsih |
Date Deposited: | 23 Feb 2021 03:20 |
Last Modified: | 23 Feb 2021 03:20 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1477 |
Actions (login required)
View Item |