NISAK, KHOIRUN (2021) Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Menerapkan Budaya Mutu Pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan. Undergraduate thesis, IAIN Jember.
Text
KHOIRUN NISAK_0849119008.pdf - Submitted Version Download (15MB) |
Abstract
Tinggi rendahnya mutu madrasah umumnya ditentukan oleh kreativitas dan inovasi kepala madrasah yang bermutu tinggi dapat dilihat dari budaya mutunya, baik yang tampak maupun tidak tampak. Sebagai pemimpin dan manajer, kepala madrasah dituntut mampu menerapkan budaya mutu madraah yang menjadi kesadaran dan kebiasaan kolektif seluruh warga madrasah. Kemampuan seperti itu terlihat pada kepala Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan yang mampu menerapkan budaya mutu dengan baik sehingga prestasi guru dan peserta didiknya meningkat secara signifikan, sekaligus mengantarkanya menjadi salah satu madrasah model di Jawa Timur. Fokus penelitian ini, adalah a. bagaimana karakteristik budaya mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan, b. bagaimana strategi kepala madrasah dalam menerapkan budaya mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan, dan c. bagaiamana hambatan dan solusi dalam penerapan budaya mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan a. karakteristik budaya mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan, b. strategi kepala madrasah dalam menerapkan budaya mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan, dan c. hambatan dan solusi dalam penerapan budaya mutu pendidikan di Madrasah Tsanawiyah Negeri 3 Pamekasan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian mengguakan studi kasus tunggal. Dalam pengumpulan data peneliti menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data peneliti menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan verifikasi (penarikan kesimpulan). Hasil dari penelitian ini terdapat beberapa temuan yaitu: 1) Karakteristik budaya mutu pendidikan di MTs Negeri 3 Pamekasan sebagai berikut: a) Budaya Akhlakul Karimah, b) Budaya Edukasi, c) Budaya Ekologi, d) Budaya Literasi, e) Memakai Masker, f) Menjaga jarak, dan g). Mencuci tangan/ menggunakan handsanitizer. 2) Strategi kepala madrasah dalam menerapkan budaya mutu pendidikan di MTs Negeri 3 Pamekasan sebagai berikut: a) melakukan sosialisasi kepada semua stakeholders Madrasah, b) melakukan pemberdayaan sumber daya manusia (SDM) dan peningkatan kualitas SDM, c) pemenuhan terhadap sarana dan prasarana Madrasah, d) pemberian reward da punishment, e) pembelajaran degan pola daring, f) pembelajaran luring (koloman), g) uji coba pembelajaran tatap muka, dan h) melakukan sosialisasi dan edukasi terkait virus Covid-19. Dan 3) Hambatan dan solusi dalam penerapan budaya mutu pendidikan di MTs Negeri 3 Pamekasan sebagai berikut: a) hambatan (kurangnya motivasi guru, kurangnya profesionalisme guru, kurangnya biaya, leletanya jaringan internet, ketersediaan sarana dan perangkat daring, dan ketidak mampuan peserta didik dan guru untuk membeli paket internet), dan b) solusi (memberikan motivasi guru, pengembangan SDM, madrasah entrepreneur, madrasah menyalurka bantuan pulsa/paket internet, kegiatan luring, dan melakukan pembelajaran tatap muka).
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Divisions: | Program Magister > Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 10 Nov 2022 02:24 |
Last Modified: | 10 Nov 2022 02:24 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14878 |
Actions (login required)
View Item |