Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membutsir dari Tanah Liat Pada Kelompok B di RA Riyadlul Qori'in Jember Tahun Ajaran 2021/2022.

Husna, Kasyifatul (2022) Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membutsir dari Tanah Liat Pada Kelompok B di RA Riyadlul Qori'in Jember Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
KASYIFATUL HUSNA_T20185057.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kasyifatul Husna, 2022: Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membutsir Dari Tanah Liat Pada Anak Kelompok B Di RA Riyadlul Qori’in Jember Tahun Ajaran 2021/2022.

Kata Kunci: Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membutsir Dari Tanah Liat .

Teknik membutsir dari tanah liat merupakan pembelajaran yang dilakukan sesuai tema, dengan membentuk dan membutsir dari tanah liat yang sudah di lunakkan yang sengaja dibuat dari bahan alam bukan seperti play-doh atau plastisin. RA Riyadlul Qori’in sudah melaksanakan pembelajaran teknik membutsir dari tanah liat sesuai dengan tema pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas anak kelompok B. Kreativitas merupakan kemampuan mengembangkan imajinasi dalam pengembangan motoric halus sehingga tercipta hal-hal baru, unik dan orisinil, yang berbeda dengan hasil karya orang lain atau sebelumnya.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Mengembangkan Kreativitas Anak Pada Kelompok B di RA Riyadlul Qori’in Ajung Jember Tahun Ajaran 2021/2022? 2) Bagaimana Proses Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membutsir dari Tanah Liat Pada Kelompok B di RA Riyadlul Qori.in Ajung Jember Tahun Ajaran 2021/2022?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui dan Mendeskripsikan Mengembangan Kreativitas Anak Pada Kelompok B di RA Riyadlul Qori’in Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. 2) Mengetahui dan Mendeskripsikan Proses Mengembangkan Kreativitas Anak Melalui Teknik Membutsir dari Tanah Liat Pada Kelompok B di RA Riyadlul Qori.in Ajung Jember Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis pencelitian studi kasus. Penelitian ini menggunakan wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.
Dapat disimpulkan bahwa 1) Pengembangan Kreativitas anak sangat penting untuk melatih imajinasi dan daya kreativitas anak dengan cara membebaskan anak berkreasi untuk menciptakan hasil karya sehingga anak dapat menghargai karya orang lain. 2) Proses mengembangkan teknik membutsir dari tanah liat yaitu, mengenalkan alat dan bahan, memperagakan cara melunakkan tanah liat, guru membuat kelompok menjadi lingkaran dan memberi arahan dan cara untuk teknik membutsir.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130310 Maori Education (excl. Early Childhood and Primary Education)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Kasyifatul Husna
Date Deposited: 10 Nov 2022 07:42
Last Modified: 10 Nov 2022 07:42
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14890

Actions (login required)

View Item View Item