Strategi Pemasaran Produk Melalui Konsep New Wave Marketing Pada Toko Rahma Bakery

Rifa, Nur (2020) Strategi Pemasaran Produk Melalui Konsep New Wave Marketing Pada Toko Rahma Bakery. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Nur Rifa_E20162001.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pemasaran merupakan suatu hal yang sangat penting dalam dunia bisnis.konsep pemasaran merupakan kunci pencapaian tujuan organisasi dengan orientasi manajemen terdiri dari kemampuan perusahaan menentukan dan memenuhi kebutuhan pasar dengan kepuasan yang diinginkan secara lebih efektif dan efisien dari para pesaing, Strategi pemasaran New Wave Marketing menjadi strategi yang mudah diterapkan oleh perusahaan. Rahma Bakery telah menerapkan New Wave Marketing dalam memasarkan produk, hal ini menarik untuk diteliti. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: (1) Bagaimana strategi pemasaran produk dalam optimalisasi pemasaran produk melalui konsep New Wave Marketing pada Toko Rahma Bakery? (2) Bagaimana faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan konsep New Wave Marketing dalam memasarkan produk pada Toko Rahma Bakery ? Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan strategi pemasaran produk melalui konsep New Wave Marketing yang menggunakan dua belas elemen pada konsep New Wave Marketing, yaitu Communitization, Confirmation, Clarification, Codification Co-Creation, Currency, Communal Activation, Conversation, Commercialization, Character, Care dan Collaboration serta mengetahui faktor-faktor yang menjadi pendukung dan penghambat dalam memasarkan produk yang dihadapi oleh Rahma Bakery Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Dalam penentuan subjek penelitian menggunakan purposive serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Penelitian ini yaitu deskriptif yang tidak menggunakan perhitungan, sehingga akan menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang selaku narasumber dan perilaku yang diamati. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa Rahma Bakery menerapkan dua belas elemen tersebut untuk memenuhi target tahunan dan memasarkan produk-produk Rahma Bakery yaitu Aneka Roti, Brownies, Cake, dan Tart. Rahma Bakery telah menerapkan konsep New Wave Marketing selama kurang lebih 5 tahun sehingga mampu dikenal secara dekat oleh pecinta kue yang memberikan kepercayaan terhadap Rahma Bakery dalam inovasi-inovasi terbaru yang mengikuti Trand produk masa kini. Proses pemasaran yang diterapkan Rahma Bakery mampu memberikan kemudahan bagi konsumen untuk berkomunikasi secara cepat dan jelas mengenai produk yang diinginkan, serta konsumen bisa turut serta dalam mengenalkan produk Rahma Bakery dengan masyarakat luas yang belum terjangkau. Hal tersebut dibuktikan dengan hasil data yang diperoleh dari para narasumber di Rahma Bakery Penerapan strategi pemasaran melalui konsep New Wave Marketing memiliki beberapa faktor pendukung penerapan yang diterapkan oleh Toko Rahma Bakery diantaranya: Kemajuan teknologi yang baik sehingga memudahkan pemasaran melalui online dan offline, produk pada Rahma Bakery beraneka ragam dan mengikuti trend, harga terjangkau untuk semua kalangan. Adapun kendala yang dimiliki Rahma Bakery dalam memasarkan produk melalui konsep New Wave Marketing, diantaranya: kurang tereksposnya toko Rahma Bakery secara keseluruhan, Stok yang diinginkan konsumen terkadang tidak tersedia di toko, jika harga bahan-bahan naik produsen kesulitan dalam menaikan harga produk.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, New Wave Marketing

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140206 Experimental Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 24 Feb 2021 02:14
Last Modified: 24 Feb 2021 02:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1492

Actions (login required)

View Item View Item