Awaliyani, Sandhika Anggun (2022) IMPLEMENTASI METODE ROLE PLAYING DALAM MENINGKATKAN MINAT BELAJAR SISWA PADA MATERI PELAKSANAAN TATA CARA PENYELENGGARAAN JENAZAH KELAS XI DI SMAN 1 ROGOJAMPI BANYUWANGI TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
Sandhika Anggun Awaliyani (T20181189).pdf Download (5MB) |
Abstract
ABSTRAK
Sandhika Anggun Awaliyani, 2022: Implementasi Metode Role Playing Dalam
Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Materi Pelaksanaan Tata Cara
Penyelenggaraan Jenazah Kelas XI Di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi Tahun
Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Metode Role Playing dan Minat Belajar siswa.
Salah satu faktor utama untuk mencapai suksesnya pembelajaran adalah
minat. Minat sangat menentukan keberhasilan siswa untuk menerima materi
secara optimal. Tinggi rendahnya minat belajar siswa tergantung pada metode
atau gaya mengajar guru dalam menyampaikan materi. Salah satu metode yang
efektif untuk meningkatkan minat belajar siswa adalah metode role playing.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan metode role
playing dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi pelaksanaan tata
cara penyelenggaraan jenazah kelas XI di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi tahun
pelajaran 2021/2022? 2) Bagaimana pelaksanaan metode role playing dalam
meningkatkan minat belajar siswa pada materi pelaksanaan tata cara
penyelenggaraan jenazah kelas XI di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi tahun
pelajaran 2021/2022? 3) Bagaimana evaluasi metode role playing dalam
meningkatkan minat belajar siswa pada materi pelaksanaan tata cara
penyelenggaraan jenazah kelas XI di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi tahun
pelajaran 2021/2022?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan perencanaan metode role
playing dalam meningkatkan minat belajar siswa pada materi pelaksanaan tata
cara penyelenggaraan jenazah kelas XI di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi tahun
pelajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan pelaksanaan metode role playing dalam
meningkatkan minat belajar siswa pada materi pelaksanaan tata cara
penyelenggaraan jenazah kelas XI di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi tahun
pelajaran 2021/2022. 3) Mendeskripsikan evaluasi metode role playing dalam
meningkatkan minat belajar siswa pada materi pelaksanaan tata cara
penyelenggaraan jenazah kelas XI di SMAN 1 Rogojampi Banyuwangi tahun
pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian
fenomenologi. Penentuan subyek penelitian menggunakan teknik purposive.
Teknik pengumpulan data dengan metode observasi, wawancara, dan studi
dokumen. Analisis data menggunakan analisis data model interaktif dari Miles,
Huberman, dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan
teknik.
Hasil penelitian adalah: 1) Perencanaan meliputi guru membuat RPP dan
skenario, serta membagi siswa 10 kelompok sebelum pembelajaran berlangsung.
2) Pelaksanaan terdiri dari pendahuluan (guru membuka pembelajaran), kegiatan
inti (siswa melakukan role playing dan menyimpulkan, sedangkan guru menjadi
fasilitator yang memberikan penguatan), dan penutup (guru bersama siswa
merefleksi kegiatan pembelajaran). 3) Evaluasi meliputi guru membuat catatan
pribadi dan siswa memberi komentar di lembar evaluasi, penugasan, dan guru
melakukan tiga penilaian meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130309 Learning Sciences |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ms Sandhika Anggun Awaliyani |
Date Deposited: | 15 Nov 2022 06:58 |
Last Modified: | 15 Nov 2022 06:58 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14949 |
Actions (login required)
View Item |