Pengembangan modul elektronik (E-Modul) keanekaragaman pisces berdasarkan hasil identifikasi ikan di Desa Plalangan Kalisat sebagai sumber belajar pada materi animalia untuk siswa kelas X IPA di MA Miftahul Ulum Suren Jember

Sofyan, Moch (2022) Pengembangan modul elektronik (E-Modul) keanekaragaman pisces berdasarkan hasil identifikasi ikan di Desa Plalangan Kalisat sebagai sumber belajar pada materi animalia untuk siswa kelas X IPA di MA Miftahul Ulum Suren Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MOCH SOFYAN_T20188077.pdf

Download (10MB)

Abstract

Moch Sofyan. 2022. Pengembangan Modul Elektronik (E-Modul) Keanekaragaman Pisces Berdasarkan Hasil Identifikasi Ikan di Desa Plalangan Kalisat Sebagai Sumber Belajar pada Materi Animalia Untuk Siswa Kelas X IPA di MA Miftahul Ulum Suren Jember

Kata Kunci: Modul Elektronik; Keanekaragaman Pisces; Identifikasi Ikan; Sumber Belajar; Animalia.

Hasil observasi di MA Miftahul Ulum Suren dan wawancara dengan guru mata pelajaran biologi ditemukan bahwa hasil belajar siswa pada mata pelajaran biologi khususnya materi animalia masih di bawah nilai KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal) sebesar 77. Berdasarkan hasil wawancara dan analisis literatur memvalidasi bahwa ketidaktersediaan sumber belajar yang secara detail menjadi salah satu penyebab utama rendahnya hasil belajar siswa. Rendahnya hasil belajar tersebut diindikasi karena ketidak tersediaan sumber belajar yang secara detail mampu memberikan pemahaman konsep terkait materi animalia kepada siswa diasumsikan menjadi penyebab utama rendahnya hasil belajar siswa. Sumber belajar yang mengkaji materi animalia terutama dengan mengangkat keanekaragaman hayati animalia di lingkungan lokal siswa dan didesain khusus untuk meningkatkan hasil belajarnya menjadi kebutuhan penting untuk dikembangkan. Desa Plalangan mampu melakukan pembibitan beberapa jenis ikan dengan kualitas istimewa. Keanekaragaman ikan di kawasan perikanan sangat potensial untuk dikembangkan sebagai sumber belajar bagi siswa. Sehingga keterkaitan akan lingkungan lokalnya diharapkan mampu menumbuhkan minat belajar siswa untuk terpicu belajar.
Tujuan dari penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan kevalidan produk e-modul keanekaragaman pisces berdasarkan hasil identifikasi ikan di desa Plalangan Kalisat untuk siswa kelas X IPA MA Miftahul Ulum Suren Jember, 2) Mendeskripsikan kepraktisan produk e-modul keanekaragaman pisces berdasarkan hasil identifikasi ikan di desa Plalangan Kalisat untuk siswa kelas X IPA MA Miftahul Ulum Suren Jember, 3) Mendeskripsikan keefektifan e-modul keanekaragaman pisces berdasarkan hasil identifikasi ikan di desa Plalangan Kalisat untuk siswa kelas X IPA MA Miftahul Ulum Suren Jember.
Jenis penelitian yang digunakan merupakan Research and Development dengan model pengembangan yang dikemukakan oleh Lee dan Owens, yaitu assessment/analysis yang meliputi need assessment dan front-end analysis, multimedia instructional design, multimedia development, multimedia implementation, dan multimedia evaluation. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni angket, tes, observasi, wawancara dan dokumentasi, instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah pedoman wawancara yang dikembangkan sendiri dan lembar angket yang diadaptasi dari beberapa penelitian terdahulu. Validasi produk dilakukan oleh 2 validator ahli materi, 2 validator ahli media, 1 validator ahli bahasa Indonesia, 1 validator ahli evaluasi dan 1 Guru Biologi. Uji coba kelompok kecil dan uji coba kelompok besar dilakukan kepada 35 siswa Kelas X IPA MA Miftahul Suren Jember.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata hasil validasi ahli materi memperoleh persentase sebesar 89,83% dengan kriteria sangat valid, rata-rata hasil validasi ahli media memperoleh persentase sebesar 89,78% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 92,22%, validasi ahli evaluasi memperoleh persentase sebesar 94,45% dan respon guru memperoleh persentase sebesar 93,33% dengan kriteria sangat valid dan untuk rata-rata angket respons siswa diperoleh hasil sebesar 94,91% dengan kriteria sangat baik. Sedangkan keefektifan produk diperoleh hasil Uji T-Test dengan nilai signifikansi 0,000 dan nilai N-Gain yaitu: =0,85 dengan kriteria sangat efektif. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa produk modul elektronik (E-Modul) dikategorikan Sangat Valid, Sangat Praktis, dan Sangat Efektif.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0608 Zoology > 060809 Vertebrate Biology
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Skripsi Biologi Ftik
Date Deposited: 15 Nov 2022 07:09
Last Modified: 15 Nov 2022 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14970

Actions (login required)

View Item View Item