STRATEGI FUNDRAISING DANA ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT RIZKI JEMBER

Lestari, Dewi Putri (2022) STRATEGI FUNDRAISING DANA ZAKAT DI LEMBAGA AMIL ZAKAT RIZKI JEMBER. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DEWI PUTRI LESTARI_E20184042.pdf

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK

Dewi Putri Lestari, Dr. Khamdan Rifa’i, S.E., M.Si. 2022: Strategi Fundraising Dana Zakat Di Lembaga Amil Zakat RIZKI Jember.

Lembaga Amil Zakat merupakan suatu lembaga untuk mengelola dana zakat yang dibuat oleh masyarakat. Seorang amil dapat mencerminkan keutamaannya ketika mengelola zakat dapat ditemukan melalui kinerjanya. Muzakki merupakan orang yang penting dalam Lembaga Amil Zakat, karena tanpa seorang muzakki suatu Lembaga tidak akan mendapat bantuan dana untuk membantu para mustahik. Sedangkan penghimpunan dana (fundraising) merupakan upaya menghimpun dana serta sumber dana lainnya dari masyarakat baik individu, kelompok, organisasi dan perusahaan yang akan disalurkan dan didayagunakan untuk mustahik.
Dalam skripsi ini terdapat satu fokus penelitian yaitu: Bagaimana strategi fundraising dana zakat di Lembaga Amil Zakat RIZKI Jember?
Penelitian ini bertujuan untuk: Mengetahui strategi fundraising di Lembaga Amil Zakat RIZKI Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian lapangan. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan dengan wawancara, observasi serta dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah deskriptif, sedangkan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian yaitu: Strategi Fundraising Dana Zakat di Lembaga Amil Zakat RIZKI Jember menggunakan tahap-tahap strategi meliputi: a) Perumusan strategi, menggunakan kaidah AIDAS (Attention, Interest, Desire, Action, Satisfication), b) Penerapan strategi, menggunakan dua metode yaitu metode langsung dan metode tidak langsung, c) Evaluasi strategi, Lembaga Amil Zakat RIZKI mengevaluasi kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan, evaluasi yang dilakukan Lembaga Amil Zakat RIZKI Jember ini ada evaluasi pekanan, evaluasi bulanan, dan evaluasi tahunan.

Kata Kunci: Lembaga Amil Zakat, Fundraising, Muzakki

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Manajemen Zakat dan Wakaf
Depositing User: Mis Dewi Putri Lestari
Date Deposited: 15 Nov 2022 07:12
Last Modified: 15 Nov 2022 07:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/14971

Actions (login required)

View Item View Item