Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember

Y A D I, M U L (2021) Peran Kepemimpinan Kepala Madrasah dalam Mengembangkan Profesionalisme Guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
M U L Y A D I_0849118017.pdf - Submitted Version

Download (7MB)

Abstract

memiliki pengaruh sangat besar dalam proses pendidikan di madrasah. Kepala madrasah adalah pememiliki pengaruh sangat besar dalam proses pendidikan di madrasah. Kepala madrasah adalah pemimpin yang harus berupaya mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola perubahan di madrasah menjadi lebih baik.. Untuk itu, kepala madrasah sangat dibutuhkan guna memajukan dan mengembangkan profesionalisme guru di madrasah ini. Fokus dalam penelitian ini : (1). Bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Mengembangkan Profesionlisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember ? (2). Bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Manajer Dalam Mengembangkan Profesionlisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember ? Tujuan dalam penelitian ini : (1). Mendiskripsikan Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Mengembangkan Profesionlisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember, (2). Mendiskripsikan Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Manajer Dalam Mengembangkan Profesionlisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember, Teori “Stephen P. Robbins, Ki Hajar Dewantara, Gary yukl Mulyasa dan Wahjosumijo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya study kasus, Teknik penentuan subyek penelitian dengan purposive, Teknik pengumpulan data dengan cara : (1) Observasi semi partisipan, (2) Wawancara semi terstruktur, dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek. Triangulasi yang digunakan ada tiga yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori Hasil Penelitian yaitu : (1). Peran kepemimpinan kepala madrasah Sebagai Leader dalam mengembangkan Profesionlisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember : Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember bersifat kreatif sehingga dapat menciptakan gagasan baru, memberikan keteladanan kepada seluruh guru dan melaksanakan berbagai pembaharuan program-program untuk peningkatan mutu madrasah, memberikan kegiatan unggulan yang bertujuan untuk mengembangkan minat bakat siswa serta mewujudkan visi misi madrasah dengan program yang bertahap meningkatkan mutu madrasah, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember menciptakanmimpin yang harus berupaya mengembangkan pengetahuan dan keterampilan dalam mengelola perubahan di madrasah menjadi lebih baik.. Untuk itu, kepala madrasah sangat dibutuhkan guna memajukan dan mengembangkan profesionalisme guru di madrasah ini. Fokus dalam penelitian ini : (1). Bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Mengembangkan Profesionlisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember ? (2). Bagaimana Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Manajer Dalam Mengembangkan Profesionlisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember ? Tujuan dalam penelitian ini : (1). Mendiskripsikan Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Leader Dalam Mengembangkan Profesionlisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember, (2). Mendiskripsikan Kepemimpinan Kepala Madrasah Sebagai Manajer Dalam Mengembangkan Profesionlisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember, Teori “Stephen P. Robbins, Ki Hajar Dewantara, Gary yukl Mulyasa dan Wahjosumijo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya study kasus, Teknik penentuan subyek penelitian dengan purposive, Teknik pengumpulan data dengan cara : (1) Observasi semi partisipan, (2) Wawancara semi terstruktur, dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek. Triangulasi yang digunakan ada tiga yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, dan triangulasi teori Hasil Penelitian yaitu : (1). Peran kepemimpinan kepala madrasah Sebagai Leader dalam mengembangkan Profesionlisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember : Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember bersifat kreatif sehingga dapat menciptakan gagasan baru, memberikan keteladanan kepada seluruh guru dan melaksanakan berbagai pembaharuan program-program untuk peningkatan mutu madrasah, memberikan kegiatan unggulan yang bertujuan untuk mengembangkan minat bakat siswa serta mewujudkan visi misi madrasah dengan program yang bertahap meningkatkan mutu madrasah, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember menciptakan suasana yang membangun kedisiplinan guru untuk menjamin kegiatan pendidikan belajar secara efektif agar kegiatan KBM berjalan dengan efisien dan membangun motivasi guru dengan melibatkan guru dalam setiap kegiatan dan program di madrasah. Memberikan kelonggaran dan fleksibilitas bagi guru yang hendak menempuh pendidikan lebih tinggi. (2). Peran kepemimpinan kepala madrasah Sebagai Manajer dalam mengembangkan Profesionlisme guru di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember : Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember membuat perencanaan, pelaksanaan dan serta evaluasi program kerja, seperti penyusunan, pembuatan program semester bersama dengan guru, kegiatan Pelatihan guru dan kegiatan KKG khususnya mata pelajaran umum.Pelaksanaan pendelegasian guru dalam kegiatan lokakarya/pelatihan/bimtek secara berkala, melakukan aktivitas pembinaan yang terencana, meliputi supervisi kelas dan penilaian kinerja guru ( PKG ), setiap guru melakukan updating perangkat pembelajaran (isi, metode, media, bahan ajar dalam RPP), serta penyediaan sarana, daya dukung untuk mendorong kompetensi profesional guru. memberikan evaluasi hasil supervisi kelas dengan memberikan masukan terhadap kesalahan / ketidaksesuaian yang ditemukan serta memberikan solusi pada guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri 5 Jember melalui rapat bulanan yang kooperatif.

Item Type: Thesis (Masters)
Divisions: Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 16 Nov 2022 02:03
Last Modified: 16 Nov 2022 02:03
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15017

Actions (login required)

View Item View Item