Pritiningtiyas, Irma (2022) Pengaruh model pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Rambipuji tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.
Text
T20179009 Irma pritiningtiyas.pdf Download (3MB) |
Abstract
Kata Kunci : Model Pembelajaran Course Review Horay, Hasil Belajar
Rendahnya hasil belajar siswa dan kurang beragamnya model
pembelajaran yang digunakan membuat pembelajaran menjadi kurang optimal.
Dalam mencapai pembelajaran yang tepat diperlukan alternative pembelajaran
yang baik, di SMP Negeri 2 Rambipuji model pembelajaran ceramah masih
dominan, yang menyebabkan siswa pasif dan hasil belajar rendah. Oleh karena
itu, diperlukan model pembelajaran yang dapat membuat siswa aktif salah satunya
model pembelajaran course review horay, model pembelajaran ini merupakan
salah satu model pembelajaran yang digunakan untuk menguji pemahaman siswa
dan keaktifan siswa yang penerapannya melalui diskusi dan tanya jawab melalui
pengelompokkan siswa ke dalam kelompok-kelompok kecil yang menggunakan
kotak yang diisi dengan soal dan diberi nomor untuk menuliskan jawaban.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh model
pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Rambipuji. Pendekatan dalam penelitian
ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian yang digunakan yaitu
quasy eksperimen design. Design non-equivalent control group design, yaitu
desain dengan pretest-posttest group design. Populasi penelitian ini adalah siswa
kelas VII A sebagai kelas eksperimen dan kelas VII C sebagai kelas kontrol.
Penentuan sampel ini menggunakan simple random sampling. Teknik
pengumpulan data menggunakan dokumentasi berupa nilai pretest dan posttest.
Analisis dan uji hipotesis dengan Independent Sample T-Test dan dilakukan
bantuan program SPSS for Windows versis 0,16.
Hasil dari analisis data dengan menggunakan Independent Sample T-test
memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000. Hal ini menunjukkan bahwa nilai
sig (2-tailed) < 0,05 sehingga diperoleh hipotesis nihil (H0) ditolak dan hipotesis
alternative (Ha) diterima yang artinya ada pengaruh yang signifikan antara model
pembelajaran course review horay terhadap hasil belajar siswa pada mata
pelajaran IPS kelas VII di SMP Negeri 2 Rambipuji tahun pelajaran 2021/2022.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial |
Depositing User: | Ms IRMA PRITININGTIYAS |
Date Deposited: | 17 Nov 2022 07:37 |
Last Modified: | 17 Nov 2022 07:37 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15087 |
Actions (login required)
View Item |