SHOLEHA AMINA, ATIK NIHAYATUS (2021) Pengaruh Gaya Belajar dan Keaktifan Mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember Tahun Akademik 2019/2020. Masters thesis, IAIN Jember.
Text
ATIK NIHAYATUS SHOLEHA AMINA_0849317010.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
Abstract
Berdasarkan observasi awal yang dilakukan peneliti, sekarang ini, masih banyak mahasiswa Institut Agama Islam Al-Qodiri yang memiliki prestasi di bawah rata-rata, salah satunya disebabkan karena gaya belajar dan keaktifan belajar. Berdasarkan uraian dan penjelasan yang telah disebutkan di atas maka peneliti melakukan sebuah penelitian tentang “Pengaruh Gaya Belajar dan keaktifan mahasiswa dalam Proses Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Al- Qodiri Jember Tahun Akademik 2019/2020”. Rumusan masalah yang nantinya berguna untuk membatasi penetilian di antaranya: 1) Apakah ada pengaruh perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual yang aktif dengan mahasiswa yang memiliki gaya belajar visual tidak aktif dalam proses pembelajaran di Program Studi Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember tahun akademik 2019/2020? 2) Apakah ada pengaruh perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang memiliki gaya belajar auditori yang aktif dengan mahasiswa yang memiliki gaya belajar auditori tidak aktif dalam proses pembelajaran di Program Studi Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember tahun akademik 2019/2020? 3) Apakah ada pengaruh perbedaan prestasi belajar mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik yang aktif dengan mahasiswa yang memiliki gaya belajar kinestetik tidak aktif dalam proses pembelajaran di Program Studi Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember tahun akademik 2019/2020? 4) Apakah ada pengaruh interaksi antara gaya belajar dan keaktifan belajar mahasiswa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam di Institut Agama Islam Al-Qodiri Jember tahun Akademik 2019/2020? Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif. populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan agama islam yaitu semester 3 sebanyak 320, semester 5 sebanyak 287, semester 7 sebanyak 193. Sampel dalam penelitian ini yaitu 10 % dari populasi yang ada di program studi pendidikan agama islam semester 3 adalah 32 orang, semester 5 adalah 28,7 dibulatkan menjadi 29 orang, semester 7 adalah 19,3 yang dibulatkan menjadi 19. Jumlah sampel sebanyak 80 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner (angket), observasi dan dokumentasi. menggunakan purposive sampling dan analisis datanya menggunakan statistik yaitu, analisis variable (ANOVA). Hasil penelitian diperoleh bahwa: (1) Ada pengaruh perbedaan prestasi belajar mahasiswa bergaya belajar visual yang aktif dengan mahasiswa bergaya belajar visual tidak aktif dalam proses pembelajaran di program studi PAI di IAI al-Qodiri Jember ditunjukkan dengan nilai signifikansi variable X1 (gaya belajar visual), K (Keaktifan belajar) dengan Y (prestasi) yaitu 0,112 dengan demikian pada taraf nyata = 0.05). (2) Ada pengaruh perbedaan prestasibbelajar mahasiswa bergaya belajar auditory yang aktif dengan mahasiswa bergaya belajar auditory tidak aktif dalam proses pembelajaran di program studi PAI di IAI al-Qodiri Jember ditunjukkan dengan nilai signifikansi variable X2 (gaya belajar Auditori), K (Keaktifan belajar) dengan Y (prestasi) yaitu 0,222 dengan demikian pada taraf nyata = 0.05). (3) Ada pengaruh perbedaan prestasi belajar mahasiswa bergaya belajar kinestetik yang aktif dengan mahasiswa bergaya belajar kinestetik tidak aktif dalam proses pembelajara di program studi PAI di IAI al-Qodiri Jember ditunjukkan dengan nilai signifikansi variable X3 (gaya belajar Kinestetik), K (Keaktifan belajar) dengan Y (prestasi) yaitu 0,212 dengan demikian pada taraf nyata 0,05. (4) Ada pengaruh interaksi antara gaya belajar dan keaktifan belajar mahasiswaa dalam proses pembelajaran terhadap prestasi belajar mahasiswa prodi PAI di IAI al-Qodiri Jember ditunjukan dengan nilai signifikansi variable X (gaya belajar), K (keaktifan belajar) dengan Y (prestasi) yaitu 0,563 dengan demikian pada taraf nyata = 0.05).
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 02:19 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 02:19 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15112 |
Actions (login required)
View Item |