ARIFIN, SAMSUL (2021) Pengaruh Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Profesional Guru terhadap Manajemen Pembelajaran di Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Jombang kabupaten Jember tahun ajaran 2019-2020. Masters thesis, IAIN Jember.
Text
SAMSUL ARIFIN_084 9117 039.pdf - Submitted Version Download (5MB) |
Abstract
Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk kemajuan sebuah bangsa, karena bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten. Untuk menciptakan sumber daya manusia tersebut salah satunya adalah pendidikan. Pada penerapannya, guru merupakan figur yang sangat berpengaruh terhadap ketercapaian tujuan pendidikan. Tujuan tersebut dapat tercapai jika guru memiliki kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan standar yang ada, diantaranya adalah kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profeisonal. Dengan bekal kompetensi tersebut guru dapat mengatur cara mengajarnya dengan baik, sehingga tujuannya dapat tercapai. Guru yang profesional harus bisa mengetahui tugas dan kewajibannya sebagai seorang pendidik serta dapat memilah dan memilih materi yang sesuai dengan kurikulumnya, mengerti terhadap kebutuhan peserta didiknya, dapat menyelesaikan permasalahan yang dapat mengakibatkan terhambatnya pembelajaran dikelas. Dan juga pendidik harus memiliki perangkat yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Jombang kabupaten Jember yang beralamatkan di Kecamatan Jombang kabupaten Jember. Peneliti sengaja memilih Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Jombang kabupaten Jember sebagai objek penelitian, karena belum diketahui sejauhmana persiapan seorang guru sebelum mengajar. Dari wawancara yang telah dilakukan terjadi pencapaian KKM yang masih dibawah standar yang disebabkan oleh persiapan guru kurang maksimal, yaitu dengan menyiapkan perangkat secara bertahap yang mengakibatkan hasil evaluasinya juga kurang maksimal. Guru akan dikatakan sebagai guru profesional harus menguasai bahan, baik yang bersifat materi atau non materi. Oleh karena itu guru harus menyiapkan seagala sesuatunya dengan maksimal sebelum melaksanakan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel yang telah disusun di rumusan masalah, yaitu apakah ada pengaruh antara kompetensi pedagogik (X1), Kompetensi Kepribadian (X2), Kompetensi Sosial (X3), kompetensi profesional (X4) terhadap manajemen pembelajaran (Y). Dalam penelitian ini diambil sampel sejumlah 42 guru dari 167 guru yang ada di Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Jombang dengan teknik probability sampling yang meliputi proportionate stratified random sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Profesional guru terhadap manajemen pembelajaran adalah berpengaruh posistif signifikan dengan nilai RSquare sebesar 0,645 atau 64,5%.Pendidikan memiliki peranan yang sangat penting untuk kemajuan sebuah bangsa, karena bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki sumber daya manusia (SDM) yang berkompeten. Untuk menciptakan sumber daya manusia tersebut salah satunya adalah pendidikan. Pada penerapannya, guru merupakan figur yang sangat berpengaruh terhadap ketercapaian tujuan pendidikan. Tujuan tersebut dapat tercapai jika guru memiliki kompetensi-kompetensi yang sesuai dengan standar yang ada, diantaranya adalah kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profeisonal. Dengan bekal kompetensi tersebut guru dapat mengatur cara mengajarnya dengan baik, sehingga tujuannya dapat tercapai. Guru yang profesional harus bisa mengetahui tugas dan kewajibannya sebagai seorang pendidik serta dapat memilah dan memilih materi yang sesuai dengan kurikulumnya, mengerti terhadap kebutuhan peserta didiknya, dapat menyelesaikan permasalahan yang dapat mengakibatkan terhambatnya pembelajaran dikelas. Dan juga pendidik harus memiliki perangkat yang dapat digunakan dalam proses pembelajaran. Penelitian yang dilakukan di Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Jombang kabupaten Jember yang beralamatkan di Kecamatan Jombang kabupaten Jember. Peneliti sengaja memilih Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Jombang kabupaten Jember sebagai objek penelitian, karena belum diketahui sejauhmana persiapan seorang guru sebelum mengajar. Dari wawancara yang telah dilakukan terjadi pencapaian KKM yang masih dibawah standar yang disebabkan oleh persiapan guru kurang maksimal, yaitu dengan menyiapkan perangkat secara bertahap yang mengakibatkan hasil evaluasinya juga kurang maksimal. Guru akan dikatakan sebagai guru profesional harus menguasai bahan, baik yang bersifat materi atau non materi. Oleh karena itu guru harus menyiapkan seagala sesuatunya dengan maksimal sebelum melaksanakan proses belajar mengajar. Penelitian ini bertujuan untuk menguji variabel yang telah disusun di rumusan masalah, yaitu apakah ada pengaruh antara kompetensi pedagogik (X1), Kompetensi Kepribadian (X2), Kompetensi Sosial (X3), kompetensi profesional (X4) terhadap manajemen pembelajaran (Y). Dalam penelitian ini diambil sampel sejumlah 42 guru dari 167 guru yang ada di Madrasah Ibtidaiyah sekecamatan Jombang dengan teknik probability sampling yang meliputi proportionate stratified random sampling. Analisis yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda. Uji hipotesis dilakukan dengan bantuan software SPSS versi 20. Hasil analisis menunjukkan bahwa pengaruh kompetensi Kompetensi Pedagogik, Kompetensi Kepribadian, Kompetensi Sosial, dan Kompetensi Profesional guru terhadap manajemen pembelajaran adalah berpengaruh posistif signifikan dengan nilai RSquare sebesar 0,645 atau 64,5%.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Divisions: | Program Doktoral > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Mr abdul mangang |
Date Deposited: | 18 Nov 2022 09:17 |
Last Modified: | 18 Nov 2022 09:17 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15161 |
Actions (login required)
View Item |