Supervisi Akademik dan BudayaiMadrasah dalamiPengembangan MutuiPendidikani diiMadrasahiAliyahiNegeri Bondowoso

AL BUSTHAMY, iAHMAD YAZID (2021) Supervisi Akademik dan BudayaiMadrasah dalamiPengembangan MutuiPendidikani diiMadrasahiAliyahiNegeri Bondowoso. Masters thesis, IAIN Jember.

[img] Text
iAHMAD YAZID AL BUSTHAMY_0849119027.pdf - Submitted Version

Download (8MB)

Abstract

Lembaga pendidikan dapat dikatakan bermutu jika telah memenuhi komponen pendididkan yang bermutu yaitu terkait dengan kurikulum atau pelajaran yang diberikan, proses belajar mengajar, tenaga pendidik, tenaga kependidikan, sarana prasarana, lingkungan, dan pengelolaan maka dari itu supervisi akademik dan budaya yang ada di madrasah sangatlah berperan penting dalam pengembangan mutu pendidikan. Fokus dari penelitian ini yaitu: a) Bagaimana Perencanaan Supervisi Akademik dan Budaya Madrasah dalam Pengembangan Mutu Pendidikan?, b) Bagaimana Pelaksanaan Supervisi Akademik dan Budaya Madrasah dalam Pengembangan Mutu Pendidikan?, c) Bagaimana evaluasi dan tindak lanjut Supervisi Akademik dan Budaya Madrasah dalam Pengembangan Mutu Pendidikan?. Penelitian ini bertujuan: a) Mendeskripsikan Perencanaan Supervisi Akademik dan Budaya Madrasah dalam Pengembangan Mutu Pendidikan, b) Mendeskripsikan Pelaksanaan Supervisi Akademik dan Budaya Madrasah dalam Pengembangan Mutu Pendidikan, c) Mendeskripsikan evaluasi dan tindak lanjut Supervisi Akademik dan Budaya Madrasah dalam Pengembangan Mutu Pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode pendekatan kualitatif deskriptif. Penentuan subyek penelitian dilakukan secara Purposive. Sumber data menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi non partisipasi, wawancara dan studi dokumentasi. Analisis Data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik dan membercheck. Kesimpulan dari penelitian ini : a) Perencanaan supervisi akademik dan budaya madrasah dalam pengembangan mutu pendidikan di awali dengan identifikasi kebutuhan/masalah kemudian menentukan tujuan, menentukan kegiatan, menentukan sumber daya baik personil ataupun fasilitas serta jadwal kegiatan dengan satu tujuan yang sama. b) Pelaksanaan supervisi di MAN Bondowoso dilakukan dengan teknik individual seperti kunjungan kelas, observasi kelas, pertemuan individual, kujungan kelas dan teknik kelompok serta menggunakan pendekatan kolaboratif dengan menggunakan prinsip demokratif, objektif dan konstruktif. Untuk budaya madrasah seperti single sex area, S3Q, IDB dilakukan dengan metode pembiasaan dan dilakukan oleh semua warga madrasah c) Evaluasi supervisi akademik dilakukan oleh kepala madrasah dan tim PKG di akhir pembelajaran dan adanya program in service education dan on service training. Budaya madrasah berhubungan antara satu dengan yang lainnya baik itu evaluasinya ataupun tindak lanjutnya namun memiliki satu tujuan yang sama yaitu mencetak siswa dan madrasah yang berkarakter islami.

Item Type: Thesis (Masters)
Depositing User: Mr abdul mangang
Date Deposited: 18 Nov 2022 09:17
Last Modified: 18 Nov 2022 09:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15163

Actions (login required)

View Item View Item