Implementasi Model Pembelajaran Edutainment dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Ulul Albab Tahun Pelajaran 2019/2020

Nada, Zulfa Qutrotin (2020) Implementasi Model Pembelajaran Edutainment dalam Meningkatkan Perkembangan Bahasa Anak Kelompok B di Raudhatul Athfal Ulul Albab Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Zulfa Qutrotin Nada_T20165033.pdf

Download (18MB)

Abstract

Pada zaman sekarang kuantitas pendidikan anak usia dini di Indonesia meningkat pesat. Namun bertambahnya kuantitas lembaga pendidikan tidak bisa dijadikan patokan dari meningkatnya kualitas pendidikan itu sendiri. Tidak sedikit lembaga pendidikan anak usia dini yang dalam proses pembelajarannya masih bersifat konvensional dimana proses pembelajarannya masih berpusat pada guru dan masih belum memiliki cukup media pembelajaran sehingga berakibat pada pertumbuhan dan perkembangan anak. Maka dari itu model pembelajaran edutainment merupakan paradigma baru dari dunia pendidikan dinama proses pembelajarannya yang menggabungkan muatan pendidikan dan hiburan sehingga tercipta proses pembelajaran yang berlangsung menyenangkan. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan model pembelajaran edutainment dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B di Raudhatul Athfal Ulul Albab? 2) Bagaimana implementasi model pembelajaran edutainment dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B di Raudhatul Athfal Ulul Albab? 3) Bagaimana evaluasi model pembelajaran edutainment dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B di Raudhatul Athfal Ulul Albab? Adapun tujuan dari penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan perencanaan model pembelajaran edutainment dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia kelompok B di Raudhatul Athfal Ulul Albab, 2) Mendeskripsikan implementasi model pembelajaran edutainment dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia kelompok B di Raudhatul Athfal Ulul Albab Jember, 3) Mendeskripsikan evaluasi model pembelajaran edutainment dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak usia kelompok B di Raudhatul Athfal Ulul Albab Jember. Pendekatan yang dipakai dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan menggunakan jenis penelitian fenomenologis. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman. Dan keabsahan datanya menggunakan teknik triangulasi, yaitu triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Dalam penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perencanaan model pembelajaran edutainment dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B di Raudhatul Athfal Ulul Albab berupa (a) Melaksanakan Rapat kerja, (b) Menyediakan sarana dan prasarana pendukung kegiatan edutainment, (c) Guru menciptakan kreasi lagu tema sendiri, (d) Pengembangan kosa-kata baru melalui lagu, surah-surah pendek al-Qur’an dan hadits, dan membaca buku cerita, (e) Menggunakan metode bermain, karya wisata, bercerita, dan bernyanyi serta adanya program unggulan seperti: kantin kids dan ekstrakurikuler bahasa Inggris, 2) Implementasi model pembelajaran edutainment dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B di Raudhatul Athfal Ulul Albab berupa kegiatan bermain puzzle, finger painting, kapilaritas sawi, membuat minuman jeruk hangat, bermain bakiak, dan membuat kreasi pot dari kulit telur, berkunjung ke puslit kopi dan kakao, mengenal tema pekerjaan di Lippo, mengundang pendongeng, menggunakan metode bernyanyi, kantin kids dan ekstrakurikuler bahasa, 3) Evaluasi model pembelajaran edutainment dalam meningkatkan perkembangan bahasa anak kelompok B di Raudhatul Athfal Ulul Albab berupa evaluasi harian, evaluasi mingguan, dan evaluasi tiap tema.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 03 Mar 2021 01:47
Last Modified: 03 Mar 2021 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1519

Actions (login required)

View Item View Item