Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMK Miftahul Waritsin Sukowono Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020.

Inayawati, Fina (2020) Strategi Kepala Sekolah Dalam Pengembangan Kompetensi Guru Untuk Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMK Miftahul Waritsin Sukowono Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2019/2020. Masters thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Fina Inayawati_0849118027.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci: Strategi Kepala Sekolah, Kompetensi Guru, Mutu Pendidikan. Strategi Kepala Sekolah merupakan seni dan pengetahuan yang diperoleh seorang kepala sekolah dalam merumuskan, mengimplementasikan, mengevaluasi keputusan-keputusan lintas fungsional yang memudahkan organisasi dalam pencapaian tujuan. Guru merupakan kunci keberhasilan suatu lembaga pendidikan. Baik buruknya perilaku atau tata cara mengajar guru akan sangat mempengaruhi citra lembaga pendidikan. Zaman globalisasi ini kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin canggih dan mengalami pertukaran yang sangat cepat. Profesionalisme dalam bidang tersebut sangat diharuskan, terutama profesionalisme guru. Dalam Mewujudkan visi SMK Miftahul Waritsin Sukowono Kab. Jember tersebut tentunya ada peran Sumber Daya Guru yang profesional, sebagai penunjang yang mampu menyelenggarakan pendidikan secara utuh dan menyeluruh yang termuat serta dapat meningkatkan mutu pendidikan di SMK Miftahul Waritsin Sukowono Kab. Jember. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana model pengembangan kompetensi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan, 2) Bagaimana langkahlangkah strategis Kepala Sekolah untuk mengembangkan kompetensi guru, 3) Apa kendala-kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan mendiskusikan secara mendalam strategi kepala sekolah dalam pengembangan kompetensi guru di SMK Miftahul Waritsin Sukowono Kabupaten Jember. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian fenomenologis. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pemeriksaan kebabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi sumber dan triangulasi metode. Informan penelitian yaitu kepala sekolah, waka kurikulum dan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model yang dapat digunakan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menjalankan tugasnya yaitu melalui program In service education atau In service training. (2) Langkah strategis kepemimpinan kepala sekolah dalam mengembangkan kompetensi guru untuk meningkatkan mutu pendidikan yang pertama strategi formal yaitu guru ditugaskan oleh lembaga mengikuti pendidikan dan latihan, yang kedua strategi non formal yaitu guru atas keinginan dan usaha sendiri melatih dan mengembangkan dirinya yang berhubungan dengan pekerjaan atau jabatannya. (3) Ada beberapa kendala yang dihadapi dalam mengembangkan kompetensi guru yaitu kurang atau keterbatasan penguasaan IT oleh guru, kurangnya kreatifitas guru dalam proses pembelajaran di kelas, dan kurang adanya hasil karya ilmiah yang dibuat oleh guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 04 Mar 2021 02:09
Last Modified: 04 Mar 2021 02:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1521

Actions (login required)

View Item View Item