Pengaruh aplikasi tiktok terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Islamiyah Songgon tahun pelajaran 2021/2022

Safitri, Yeni Rahma (2022) Pengaruh aplikasi tiktok terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Islamiyah Songgon tahun pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
YENI RAHMA SAFITRI_T20189063-2.pdf

Download (2MB)

Abstract

Yeni Rahma Safitri, 2022 : Pengaruh Aplikasi Tiktok Terhadap Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Di MTs Islamiyah Songgon Tahun Pelajaran 2021/2022

Kata kunci : Aplikasi tiktok, dan minat belajar siswa

Pembelajaran abad 21 sebenarnya adalah implikasi dari perkembangan masyarakat dari masa ke masa. Dalam mengaplikasian tiktok ini ada dua yaitu pembuatan video lipsync maupun modal scroll video orang. Mayoritas dari pengguna aplikasi tiktok di Indonesia sendiri adalah anak milenial, usia sekolah, atau biasa dikenal dengan generasi Z. Tiktok dapat diolah menjadi media pembelajaran yang menarik dan interaktif melihat berbagai fitur yang ada pada aplikasi tiktok, dapat didesain sebagai media pembelajaran IPS. IPS akan lebih berkembang dengan memanfaatkan kemajuan teknologi seperti saat ini, maka pemilihan media yang tepat dapat membantu calon pendidik dalam mempermudah proses pendidikan dengan tidak tertinggal oleh zaman. Berdasarkan latar belakang yang dijelaskan, maka diperlukan kajian untuk mengungkapkan pengaruh aplikasi tiktok yang digemari para pelajar sebagai media dalam pembelajaran IPS di MTs Islamiyah Songgon.

Rumusan masalah ini yaitu apakah ada pengaruh aplikasi tiktok terhadap minat belajar siswa pada pelajaran IPS di MTs Islamiyah Songgon tahun pelajaran 2021/2022. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan pengaruh aplikasi tiktok terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Islamiyah Songgon tahun pelajaran 2021/2022.Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, teknik pengumpulan data menggunakan obervasi, dan angket. Teknik analisis data yang digunakan peneliti adalah one sample kolmogrov smirnov.

Berdasarkan analisis data ditemukan bahwa terdapat pengaruh media sosial aplikasi tiktok terhadap minat belajar siswa dibuktikan dengan uji regresi linier dengan nilai significance from linier adalah 0,000, sesuai dengan ketentuan bahwa df>0,05. Selanjutnya diperoleh F hitung = 209,336 dengan tingkat signifikansi 0,000<0,05. Dan ditambah dengan nilai ulangan harian dan penilaian tengah semester yang melebihi nilai rata-rata di MTs Islamiyah Songgon. Maka diperoleh jawaban Ha diterima dan Ho ditolak. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan aplikasi tiktok terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran IPS di MTs Islamiyah Songgon tahun pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160703 Social Program Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial
Depositing User: YENI RAHMA SAFITRI
Date Deposited: 29 Nov 2022 07:32
Last Modified: 29 Nov 2022 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15254

Actions (login required)

View Item View Item