Amalia, Ana Rizky (2022) Upaya Mengembangkan Kemampuan Kognitif Melalui Kegiatan Meronce Dengan Bahan Bekas Pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
ANA RISKI AMALIA.pdf Download (1MB) |
Abstract
Ana Rizky Amalia, 2022: Upaya Mengembangakan Kemampuan Kognitif
Melalui Kegiatan Meronce Dengan Bahan Bekas Pada Anak Usia 4-5
Tahun di TK Dharma Wanita Ajung Tahun Pelajran 2021/2022.
Kata Kunci : Kemampuan Kognitif, Meronce
Kemampuan kognititf adalah kemampuan dalam memecahkan masalah
dalam suatu pemikiran dan penalaran dengan suatu obyek yang sedang dilihatnya.
Salah satu kegiatan yang dapat mengembangkan perkembangan kognitif adalah
kegiatan meronce, kegiatan meronce adalah kegiatan yang dilakukan dengan cara
memasukkan benang kedalam manik-manik atau sedotan sehingga menjadi
sebuah roncean yang sempurna. Berdasarkan pengalaman penelitian observasi di
TK Dharma Wanita Ajung pada kelompok A menunjukkan bahwa kemampuan
kognitif anak masih belum berkembang secara optimal, oleh karena itu diperlukan
kegiatan pembelajaran yang menyenangkan untuk mengembangkan kemampuan
kognitif pada anak.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana upaya mengembangkan
kemampuan kognitif bidang angka melalui kegiatan meronce dengan bahan bekas
pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran
2021/2022 ? 2) Bagaiamana upaya mengembangkan kemampuan kognitif bidang
bentuk melalui kegiatan meronce dengan bahan bekas pada anak usia 4-5 tahun di
TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 ? 3) Bagaimana
upaya mengembangkan kemampuan kognitif bidang warna melalui kegiatan
meronce dengan bahan bekas pada anak usia 4-5 tahun di TK Dharma Wanita
Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022 ?
Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana upaya
mengembangkan kemampuan kognitif bidang angka, bidang bentuk dan bidang
warna melalui kegiatan meronce dengan bahan bekas pada anak usia 4-5 tahun di
TK Dharma Wanita Ajung Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan
rancangan studi kasus. Penelitian ini dilakukan menggunakan teknik wawancara,
observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data
menggunakan teknik reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Sedangkan
keabsahan data dengan menggunakan teknik triangulasi sumber dan Teknik.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan 1) upaya guru
dalam mengembangkan kemampuan kognitif bidang angka guru menyiapkan alat
dan bahan kemudian mengajak anak untuk membilang angka 1-10 secara
bersama-sama, kemudian mengurutkan angka 1-10. 2) upaya guru dalam
mengembangkan kemampuan kognitif bidang bentuk guru menanyai satu persatu
anak dengan menunjukkan bentuk-bentuk geometri dan mengurutkan. 3) upaya
guru dalam mengembangkan kemampuan kognitif bidang warna yaitu guru
menjelaskan cara meroce dan mengajarkan warna atau buah apa yang harus
dironce terlebih dahulu kemudian mengurutkan.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Ana Rizky Amalia |
Date Deposited: | 23 Nov 2022 08:32 |
Last Modified: | 23 Nov 2022 08:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15258 |
Actions (login required)
View Item |