Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Metode Bernyanyi Dengan Gerakan Pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022

Nur Hidayah, Alfina (2022) Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui Metode Bernyanyi Dengan Gerakan Pada Kelompok B di TK Dharma Wanita Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
ALFINA NUR HIDAYAH_T20185086.pdf

Download (3MB)

Abstract

Alfina Nur Hidayah 2022 : Meningkatkan Rasa Percaya Diri Anak Melalui
Metode Bernyanyi Dengan Gerakan Pada Kelompok B di TK Dharmawanita
Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022
Kata Kunci : percaya diri, bernyanyi dengan Gerakan
Kepercayaan diri adalah salah satu aspek kepribadian yang penting pada
seseorang. Kepercayaan diri merupakan atribut yang sangat berharga pada diri
seseorang dalam kehidupan bermasyarakat, tanpa adanya kepercayaan diri akan
menimbulkan banyak masalah pada diri seseorang. Hal tersebut dikarenakan
dengan kepercayaan diri, seseorang mampu mengaktualisasikan segala
potensinya.
Fokus Penelitian : 1) Bagaimana rasa percaya diri anak melalui metode
bernyanyi dengan Gerakan di TK Dharmawanita Banyuwangi Tahun Ajaran
2021/2022? 2) Bagaimana upaya guru meningkatkan percaya diri siswa dengan
bernyanyi dengan Gerakan di TK Dharmawanita BanyuwangiTahun Ajaran
2021/2022? 3) Bagaimana peningkatan percaya diri anak dengan metode
bernyanyi dengan Gerakan di TK Dharmawanita Banyuwangi Tahun Ajaran
2021/2022?
Tujuan penelitian : 1) Mendeskripsikan rasa percaya diri anak melalui
metodde bernyanyi dengan Gerakan di TK Dharmawanita Banyuwangi Tahun
Ajaran 2021/2022. 2) Mendeskripsikan upaya guru meningkatkan percaya diri
anak melalui metode bernyanyi dengan Gerakan di TK Dharmawanita
Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022. 3) Mendeskripsikan peningkatan percaya
diri anak dengan metode bernyanyi dengan Gerakan di TK Dharmawanita
Banyuwangi Tahun Ajaran 2021/2022.
Penelitian ini menggunakan pndekatan kualitatif deskriptif dengan
rancangan studi kasus. Penelitian ini dilakukan menggunakan wawancara, dan
dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Analisis data menggunakan teknik
reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sedangkan keabsahan data
dengan menggunakan trianggulasi teknik dan sumber.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan 1) rasa
percaya diri anak melalui metode bernyanyi dengan gerakan ini yaitu masih
terdapat anak yang masih malu-malu jika disuruh melalukan metode tersebut. 2)
upaya guru dalam meningkatkan percaya diri anak yaitu dengan cara mengajak
anak atau mengajari anak maju kedepan kelas dan memberikan contoh yang bisa
meningkatkan rasa percaya dirinya ketika berada didepan orang banyak. 3)
peningkatan percaya diri anak di TK Dharmawanita secara cepat memberikan
efek dan rangsangan pada diri anak.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Mrs Alfina Nur Hidayah
Date Deposited: 24 Nov 2022 03:16
Last Modified: 24 Nov 2022 03:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15299

Actions (login required)

View Item View Item