Pengaruh Akuntansi Sektor Publik Dan Kualitas Laporan Keuangan Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Kasus Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Jember)

Eka Hikmawati, Rosalia (2022) Pengaruh Akuntansi Sektor Publik Dan Kualitas Laporan Keuangan Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Kasus Pada Badan Pengelolaan Keuangan Dan Aset Daerah Kabupaten Jember). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ROSALIA EKA HIKMAWATI_E20183111.pdf

Download (3MB)

Abstract

Rosalia Eka Hikmawati, Dr. H. Munir Is’adi S.E., M.Akun, 2022: Pengaruh Akuntansi Sektor Publik dan Kualitas Laporan Keuangan Terhadap Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (Studi Kasus Pada Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Jember)
Akuntabilitas merupakan suatu wujud pertanggungjawaban suatu instansi pemerintah atas kegiatan yang sudah dilakukan dalam waktu satu tahun yang disusun melalui media pelaporan. Komponen penting dalam menciptakan akuntabilitas adalah dengan penerapan akuntansi sektor publik yang memiliki peran dalam memberikan informasi atas aktivitas dan kinerja finansial pemerintah daerah dan penyusunan laporan keuangan sesuai dengan standar akuntansi pemerintah.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah: 1) Apakah akuntansi sektor publik berpengaruh secara parsial terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Jember? 2) Apakah kualitas laporan keuangan berpengaruh secara parsial terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Jember? 3) Apakah akuntansi sektor publik dan kualitas laporan keuangan secara simultan berpengaruh terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Jember?
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh secara parsial dan simultan pada akuntansi sektor publik dan kualitas laporan keuangan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah di Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Jember.
Peneliti menggunakan pendekatan kuantitatif dengan analisis statistik deskriptif, serta pengujian uji instrumen data, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis, serta uji koefisien determinasi.
Hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa secara parsial variabel kualitas laporan keuangan berpengaruh signifikan atau positif terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah. Variabel kualitas laporan keuangan dengan nilai signifikasi 0,000 < 0,05 dan nilai thitung sebesar 5,208 > ttabel 2,001. Berbeda dengan variabel akuntansi sektor publik yang berpengaruh tetapi tidak signifikan terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah karena memiliki nilai signifikansi 0,762 > 0,05 dan nilai thitung sebesar -0,304 < ttabel 2,001. Sedangkan secara simultan variabel akuntansi sektor publik dan kualitas laporan keuangan berpengaruh signifikan atau positif terhadap akuntabilitas kinerja instansi pemerintah dengan nilai signifikansi 0,000 < 0,05 dan Fhitung 18,005 > 3,156 Ftabel.

Kata Kunci: Penerapan akuntansi sektor publik, kualitas laporan keuangan, akuntabilitas kinerja instansi pemerintah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Rosalia Eka Hikmawati
Date Deposited: 28 Nov 2022 01:44
Last Modified: 28 Nov 2022 01:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15366

Actions (login required)

View Item View Item