Kholifah, Ida Nur (2022) Manajemen ekstrakurikuler pramuka dalam pembinaan karakter kerja keras Dan kreatif di Sekolah Menengah Kejuruan Swasta Miftahul Ulum Wirowongso Jember. Undergraduate thesis, uin khas achmad siddiq jember.
Text (Skripsi S1)
Ida Nur Kholifah_T20183127.pdf - Submitted Version Download (3MB) |
Abstract
Ida Nur Kholifah, 2022: “Manajemen Ekstrakurikuler Pramuka dalam Pembinaan Karakter Kerja Keras dan Kreatif di SMKS Miftahul Ulum Wirowongso, Jember”.
Sehubungan dengan pemendikbud nomor 63 tahun 2014 yang menetapkan wajibnya kegiatan ekstrakurikuler pramuka, dengan begitu peneliti disini ingin mengungkap tabir peraturan yang berlaku apakah masih diterapkan dalam kondisi apapun terutama pelaksanaan dimasa pandemi, sedangkan menetapkan SMKS Miftahul Ulum sebagai lokasi penelitian dikarenakan salah satu sekolah swasta daerah wirowongso yang melaksanakan kegiatan aktif pramuka selama pandemi serta hasil observasi awal peserta didik yang mengikuti kegiatan pramuka terlihat sebagai pecinta kegiatan pramuka, seperti tidak ada unsur karna kegiatan wajib semata serta kegiatannya cenderung lebih keranah gotong royong dan sosial.
Pada penelitian ini, fokus masalah yang diambil adalah :1) bagaimana konsep perencanaan ekstrakurikuler pramuka dalam pembinaan karakter kerja keras dan kreatif di SMKS Miftahul Ulum Wirowongso Jember?, 2) bagaimana tahapan pelaksanaan ekstrakurikuler pramuka dalam pembinaan karakter kerja keras dan kreatif di SMKS Miftahul Ulum Wirowongso Jember?, 3) bagaimana evaluasi ekstrakurikuler pramuka dalam pembinaan karakter kerja keras dan kreatif di SMKS Miftahul Ulum Wirowongso Jember?. Dengan begitu tujuan penelitian ini adalah agar mengetahui konsep perencanaan, tahapan pelaksanaan, dan mengetahui evaluasi ekstrakurikuler pramuka dalam pembinaan karakter kerja keras dan kreatif.
Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Penentuan informan penelitian mengunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian menggunakan analisis data menurut Miles, Huberman, dan Saldana, dan Keabsahan data menggunakan tringulasi sumber serta tringulasi teknik.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Perencanaan ekstrakurikuler pramuka disusun melalui diskusi bersama kepala sekolah, waka kesiswaan, pembina pramuka dan segenap guru. Berupa menetapkan tujuan dan struktur organisasi, menyusun program mingguan, bulanan, dan tahunan, dengan menganalisa penggunaan model aktualisasi, metode belajar sambil melakukan dan sistem beregu, dan strategi pembinaan, 2) Implementasi dilaksanakan setiap hari sabtu yaitu pukul 13.00 latihan bagi laki-laki sedangkan pukul 15.00 latihan bagi perempuan, menggunakan metode aktualisasi, bentuk kegiatan pramuka penegak yang menonjol di sekolah ini yaitu kemah bakti yang berupa kegiatan bakti sosial dan gotong royong membantu masyarakat selain itu pembina pramuka menggunakan pendekatan partisipasif pada pelaksanaan kegiatan pembinaan karakter kerja keras dan kreatif, 3) Evaluasi ekstrakurikuler diantaranya terdapat pengawasan dan penilaian. Pengawasan oleh kepala sekolah, penilaian oleh pembina melalui analisis pengamatan dan penilaian bersama kepala sekolah, pembina pramuka bersama waka kesiswaan pada triwulannya
Kata kunci: Manajemen Ekstrakurikuler;Pramuka;Kerja Keras dan Kreatif
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150310 Organisation and Management Theory 15 COMMERCE, MANAGEMENT, TOURISM AND SERVICES > 1503 Business and Management > 150312 Organisational Planning and Management |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam |
Depositing User: | Ida Nur Kholifah |
Date Deposited: | 29 Nov 2022 06:57 |
Last Modified: | 29 Nov 2022 06:57 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15432 |
Actions (login required)
View Item |