Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Taruna Budaya Rogojampi Tahun Pelajaran 2021/2022

Ellen, Dwi (2022) Pemanfaatan Media dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Taruna Budaya Rogojampi Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Kiai Haji Ahmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ellen Dwi Arinda Digilib.pdf

Download (5MB)

Abstract

Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia manfaat adalah bentuk tidak baku dari “manepaat” yang dapat diartikan guna atau faedah. Sedangkan pemanfaatan adalah proses, cara, perbuatan memanfaatkan. Pemanfaatan media pembelajaran Pendidikan Agama Islam adalah proses, cara, memanfaatkan media dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemanfaatan media dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Taruna Budaya Rogojampi Tahun Pelajaran 2021/2022.
Fokus masalah yang diteliti dalam hal ini adalah: 1). Apa Saja Jenis dan Karakterisktik Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Taruna Budaya Rogojampi? 2). Bagaimana Pemanfaatan Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Taruna Budaya Rogojampi? 3). Kendala Pemanfaatan Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Taruna Budaya Rogojampi?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan oleh peneliti adalah: observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1). Jenis dan Karakterisktik Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI Sekolah Menegah Atas Negeri 1 Taruna Budaya Rogojampi adalah media berbasis pembelajaran audio, media pembelajaran berbasis visual, media pembelajaran berbasis audio visual dan media pembelajaran komputer. 2). Pemanfaatan Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Taruna Budaya Rogojampi Pemanfaatan media dalam proses pembelajaran yang mengidentifikasi beberapa manfaat yaitu penyampaian materi dapat diseragamkan, kemudian media pembelajaran menjadi lebih jelas dan menarik, dan selanjutnya proses pembelajaran menjadi lebih interaktif. Dalam hal ini Sekolah Menengah Atas Taruna Budaya Rogojampi berdasarkan dari ketiga pemanfaatan tersebut ketiganya telah diterapkan dalam proses belajar mengajar di sekolah dan sesuai dengan jenis dan karakteristik masing-masing media dengan tujuan tercapainya manfaat dari penerapan media pembelajaran. 3). Kendala Pemanfaatan Media dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas XI Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Taruna Budaya Rogojampi dari keempat jenis media pembelajaran tersebut memiliki kendala yang berbeda seperti dalam media visual adalah masih kurang menarik partisipasi belajar siswa, media audio adalah komunnikasi yang satu arah sulit bagi pendengar untuk mendiskusikan hal-hal yang sulit dipahami, media audio visual adalah kurang mampunya tenaga pendidik dalam memanfaatkan media tersebut, dan media komputer dalam satu ruangan namun jarang dimanfaatkan dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ellen Dwi Arinda
Date Deposited: 19 Dec 2022 08:05
Last Modified: 19 Dec 2022 08:05
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15930

Actions (login required)

View Item View Item