Arifin, Faizal (2022) PENGARUH MINAT BACA DAN PEMANFAATAN PERPUSTAKAANTERHADAPHASILBELAJARSISWAPADAMATAPELAJARANIPSDISMPNEGERI 2ARJASATAHUNPELAJARAN2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Achmad Siddiq Jember.
Text
FAIZAL ARIFIN_T20189002.pdf Download (4MB) |
Abstract
ABSTRAK
FaizalArifin,2022:Pengaruh Minat Baca dan Pemanfaatan Perpustakaan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Arjasa Tahun Pelajaran 2021/2022.
KataKunci:MinatBaca,Pemanfaatan Perpustakaan,Hasil Belajar.
Minat baca dan pemanfaatan perpustakaan sangat berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, sehingga rasa minat bacayang tinggi harus dimiliki oleh masing-masing siswa untuk mencapai hasil belajar yang baik dan maksimal. Hal tersebut salah satu cara yang dapat digunakan adalah dengan memanfaatkan perpustakaan dengan baik, karena perpustakaan menyediakan berbagai macambahan bacaan yang dapat membantu siswa ataupun guru dalam kegiatan belajarmengajar. Observasi yang dilakukan di SMP Negeri 2 Arjasa bahwa siswa masihkurang begitu maksimal dalam memanfaatkan perpustakaan, karena mereka hanya berkunjung keperpustakaan ketika ada tugas atau diperintah oleh gurunya saja artinya mereka masih kurang begitu sadar akan pentingnya membaca,sehinggaha ltersebut berdampak kepada hasil belajar siswa.
Penelitian ini bertujuan 1) untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh minatbaca terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Arjasa tahun pelajaran 2021/2022,2)untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS diSMP Negeri 2 Arjasa tahun pelajaran 2021/2022, 3) untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh interaksi minat baca dan pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 2 Arjasa tahun pelajaran 2021/2022.
Metode yang digunakan yaitu menggunakan metode kuantitatif dengan menggunakan jenis penelitian korelasinonal Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa di SMP Negeri 2 Arjasa dengan jumlah 75 siswa yang dijadikan sebagai sampel penelitian. Instrumen dalam penelitian ini menggunakan angket untuk mendapatkan skor dari minat baca serta pemanfaatan perpustakaan. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan ANOVA.
Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa:1)terdapat pengaruh minat baca terhadap hasil belajar siswa dengan analsis data berupa ANOVA yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 artinya kurang dari 0,005. 2)terdapat pengaruh pemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa dengan menggunakan analisis data berupa ANOVA yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 artinya lebih kecil dari 0,005. 3) terdapat pengaruh interaksi minat baca danpemanfaatan perpustakaan terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS diSMP Negeri 2 Arjasa yang menunjukkan nilai signifikansi 0,000 yang artinyalebih kecil dari 0,005.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education |
Depositing User: | Faizal Arifin Bapak Muhammad |
Date Deposited: | 23 Dec 2022 01:35 |
Last Modified: | 23 Dec 2022 01:35 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/15962 |
Actions (login required)
View Item |