Pengaruh motivasi kebutuhan, pengetahuan produk, brand image dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah: Studi kasus pada BMT NU Area Bondowoso Kabupaten Bondowoso

Rahel, Muhammad (2022) Pengaruh motivasi kebutuhan, pengetahuan produk, brand image dan kualitas pelayanan terhadap keputusan menjadi nasabah: Studi kasus pada BMT NU Area Bondowoso Kabupaten Bondowoso. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Muhammad Rahel_0839219023.pdf

Download (4MB)

Abstract

Rahel, Muhammad. 2022. Pengaruh Motivasi Kebutuhan, Pengetahuan Produk, Brand Image dan Kualitas Pelayanan terhadap Keputusan menjadi Nasabah (Studi Kasus pada BMT NU Area Bondowoso I Kabupaten Bondowoso). Tesis, Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

BMT NU Area Bondowoso I Kabupaten Bondowoso aktif memberikan sosialisasi pentingnya kebutuhan nasabah, pengetahuan tabungan syariah, brand image dan berusaha meningkatkan kualitas pelayanan kepada para nasabahnya agar merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, seperti: sosialisasi pengetahuan mengenai tabungan dan pengetahuan produk pembiayaan syariah.
Rumusan Masalah: 1.Apakah X1 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah? 2.Apakah X2 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah? 3.Apakah X3 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah? 4.Apakah X4 secara parsial berpengaruh signifikan terhadap keputusan menjadi nasabah? 5.Apakah X1, X2, X3 dan X4 secara simultan berpengaruh terhadap keputusan menjadi nasabah?
Tujuan Penelitian adalah untuk: 1. Menguji dan menganalisis pengaruh X1 secara parsial terhadap keputusan menjadi nasabah. 2. Menguji dan menganalisis pengaruh X2 secara parsial terhadap keputusan menjadi nasabah 3. Menguji dan menganalisis pengaruh X3 secara parsial terhadap keputusan menjadi nasabah. 4. Menguji dan menganalisis pengaruh X4 secara parsial terhadap keputusan menjadi nasabah. 5. Menguji dan menganalisis pengaruh motivasi menghindari riba, pengetahuan produk, brand image dan kualitas pelayanan secara simultan terhadap keputusan menjadi nasabah.
Untuk mencapai tujuan di atas, digunakan pendekatan penelitian kuantitatif yaitu menyebarkan kuesioner dan analsis datanya menggunakan uji deskripsi, uji asumsi klasik dan uji regresi linier ganda.
Kesimpulan sebagai berikut: 1.Secara uji parsial X1 berpengaruh signifikan dan positif terhadap Y (nilai sig. 0,000 dan Nilai koefisien β1 0,587) 2.Secara uji parsial X2 berpengaruh signifikan dan negatif terhadap Y (nilai sig. 0,030 dan Nilai koefisien β2 -0,262) 3.Secara uji parsial X3 berpengaruh signifikan dan negatif terhadap Y (nilai sig. 0,004 dan Nilai koefisien β3 -0,141) 4.Secara uji parsial X4 berpengaruh tidak signifikan dan negatif terhadap Y (nilai sig. 0,875 dan Nilai koefisien β4 -0,008) 5.Secara simultan X1, X2, X3 dan X4 memiliki pengaruh signifikan dan positif terhadap Y (nilai sig. 0,000 dan Nilai koefisien β 19,071).

Kata Kunci: Motivasi Kebutuhan; Pengetahuan Produk; Brand Image; Kualitas Pelayanan; Keputusan Menjadi Nasabah.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140202 Economic Development and Growth
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mr Muhammad Rahel
Date Deposited: 26 Dec 2022 00:20
Last Modified: 26 Dec 2022 00:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16082

Actions (login required)

View Item View Item