STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING (STP) DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PEMBIAYAAN UMKM DI BPRS BHAKTI SUMEKAR KANTOR CABANG JEMBER

Nor, Khalis (2022) STRATEGI SEGMENTING, TARGETING, POSITIONING (STP) DAN KUALITAS PELAYANAN DALAM MENINGKATKAN JUMLAH NASABAH PEMBIAYAAN UMKM DI BPRS BHAKTI SUMEKAR KANTOR CABANG JEMBER. Masters thesis, UIN KH AHMAD SIDDIQ.

[img] Text
NOR KHALIS_compressed.pdf

Download (1MB)

Abstract

ABSTRAK
Khalis, Nor , 2021. Strategi segmenting, targeting, positioning (STP) dan kualitas
pelayanan dalam meningkatkan jumlah nasabah pembiayaan
UMKM di BPRS Bhakti Sumekar Kantor cabang Jember.
Tesis. Program Studi Ekonomi Syariah Pascasarjana
Universitas Negeri K.H. Achmad Siddiq Jember. Pembimbing
I: Dr. Abdul Wadud Nafis, L.c., M.E.I. Pembimbing II: Dr.
H.Abdul Rokhim, M.E.I.
Kata Kunci: Strategi STP dan Kualitas pelayanan
Strategi pemasaran merupakan salah satu ujung tombak dalam rangka
mengenalkan suatu produk kepada para nasabah dan menjadi sangat penting
karena berkaitan dengan keuntungan - keuntungan yang diperoleh oleh
perusahaan. Strategi pemasaran dalam sebuah perusahaan akan sangat baik
apabila di dukung dengan perencanaan yang tersetuktur dengan
baik secara internal maupun eksternal
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pertama bagaimana strategi
segmenting, dalam meningkatkan jumlah nasabah umkm di bank pembiayaan
rakyat syariah (bprs) bhakti sumekar kantor cabang jember?. Kedua Bagaimana
Strategi Targeting dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah UMKM di Bank
Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember?
Ketiga Bagaimana Strategi Positioning dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah
UMKM di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor
Cabang Jember? Ke empat Bagaimana pelayanan yang diberikan kepada nasabah
di BPRS bhakti Sumekar kantor cabang Jember ? Metode pengumpulan data nya
menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang
digunakan yaitu analisis Miles dan Huberman yang meliputi data reduction,
conclution drawing/ verification, data display.
Hasil analisis menunjukkan bahwa Strategi Segmenting, dalam
Meningkatkan Jumlah Nasabah UMKM di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah
(BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember ? yaitu satu pemetaan wialayah,
kedua survey wilayah, ketiga analisis wilayah. Kedua Strategi Targeting dalam
Meningkatkan Jumlah Nasabah UMKM di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah
(BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Cabang Jember ? yaitu Differentiated marketing
. Ketiga Strategi Positioning dalam Meningkatkan Jumlah Nasabah UMKM di
Bank Pembiayaan Rakyat Syariah (BPRS) Bhakti Sumekar Kantor Cabang
Jember.memposisikan diri dengan AtribuT, memposisikan diri dengan harga dan
kualitas layana, memposisikan diri dengan penggunaan aplikasi, mempsosisikan
diri dengan peoduk dan pesaing. keempat kualitas Pelayanan di BPRS bhakti
Sumekar kantor cabang Jember ? keptuhan terhadap syariat islam dengan
menjahui Riba/bunga, maysir, ngoror. Jaminan, BPRS bhakti sumekar di awasi
oleh LPS, Dan OJK, Keandalan memberikan layanan yang cepat, informasi yang
tepat, bukti fisik Mobile Banking, kantor, ruang tunggu, tempat parkir, ketanggap,
yaitu.memberikan respon yang baik, dan ramah, selalu diakhiri kata maaf,
empaty, yaitu dengan membantu dalam menyelesaikan masalah yang terjadi.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: M.E NOR KHALIS
Date Deposited: 28 Dec 2022 01:44
Last Modified: 28 Dec 2022 01:44
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16134

Actions (login required)

View Item View Item