Kholida, Maya (2022) Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas Di Sekolah Luar Biasa Bina Insani Srono Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji AChmad Siddiq Jember.
Text
Maya Kholida_T20181181.pdf Download (2MB) |
Abstract
Maya Kholida, 2022 : Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Anak Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas Di Sekolah Luar Biasa Bina Insani Srono Banyuwangi
Kata Kunci : Implementasi, Pendidikan Agama Islam, Gangguan Pemusatan Perhatian Dan Hiperaktivitas
Sekolah Luar Biasa Bina Insani Srono Banyuwangi merupakan lembaga pendidikan formal yang mendukung perkembangan dan kemampuan anak berkebutuhan khusus terutama anak gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas.
Fokus penelitian : 1) Bagaimana implementasi pembelajaran pendidikan agama islam pada anak gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas di SLB Bina Insani Srono Banyuwangi ? 2) Bagaimana evaluasi pendidikan agama islam pada anak gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas di SLB Bina Insani Srono Banyuwangi ?. Adapun tujuan penelitian ini yaitu : 1) Mendeskripsikan implementasi pembelajaran pendidikan agama islam pada anak gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas di SLB Bina Insani Srono Banyuwangi. 2) Untuk mendeskripsikan bentuk evaluasi pendidikan agama islam pada anak gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas di SLB Bina Insani Srono Banyuwangi.
Metode dalam penelitian ini mengguakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Tehnik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan untuk analisis datanya bersifat deskriptif yaitu kondensasi data, penyajian data dan kesimpulan
Hasil penelitian ini yaitu : 1) Implementasi pembelajaran pendidikan agama islam bagi anak gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas di SLB Bina Insani Srono Banyuwangi. Pembelajaran menggunakan media gambar untuk metode yang digunakan yaitu metode ceramah dan demostrasi. Kemudian dalam penyampaiaan materi akidah, syari’ah dan akhlak dilakukan secara berulang-ulang dengan penuh perhatian dan kesabaran serta menggunakan bahasa yang sederhana dan mudah difahami. 2) Evaluasi tes tulis pada pendidikan agama islam tentang akidah, syariah dan akhlak pada anak gangguan pemusatan perhatian dan hiperaktivitas menggunakan pilihan ganda bergambar untuk menarik daya ingat anak. Dalam hal ini siswa akan dibantu guru apabila mengalami kesulitan dalam memilih jawaban.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Maya Kholida |
Date Deposited: | 28 Dec 2022 02:12 |
Last Modified: | 28 Dec 2022 02:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16144 |
Actions (login required)
View Item |