Implementasi model pembelajaran flex Blended Learning pada materi pengurusan jenazah dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMKN 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Saudah, Nur Fitria Fajarianti (2022) Implementasi model pembelajaran flex Blended Learning pada materi pengurusan jenazah dalam mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMKN 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KIAI Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Saudah Nur Fitria Fajarianti_T20181410.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Model Pembelajaran Flex Blended Learning, Materi Pengurusan
Jenazah.
Model pembelajaran yang dapat dilakukan pada kondisi saat ini untuk
mengatasi permasalahan materi pengurusan jenazah yaitu menerapkan model
pembelajaran kombinasi yang dikenal dengan istilah model flex blended learning
yang merupakan kombinasi antara online dan offline, namun pembelajaran online
menjadi tulang punggung pembelajaran, ditemukan oleh San Fransisco Flex
Academy. Jika model pembelajaran ini dikaitkan dengan materi pengurusan
jenazah, maka siswa akan lebih leluasa mempelajari materi secara mandiri dengan
memanfaatkan materi yag tersedia secara online.. Dalam penelitian ini peneliti
berusaha pengungkapkan pelaksanaan pembelajaran dengan model flex blended
learning pada materi pengurusan jenazah di SMK Negeri 5 Jember.
Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perencanaan model
pembelajaran flex blended learning pada materi pengurusan jenazah dalam mata
pelajaran pendidikan agama islam di SMKN 5 jember Tahun Pelajaran
2022/2023?. 2) Bagaimana pelaksanaan model pembelajaran flex blended learning
pada materi pengurusan jenazah dalam mata pelajaran Pendidikan agama islam di
SMKN 5 jember Tahun Pelajaran 2022/2023?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) untuk mendeskripsikan perencanaan
model pembelajaran flex blended learning pada materi pengurusan jenazah dalam
mata pelajaran Pendidikan agama islam di SMKN 5 Jember tahun pelajaran
2022/2023, 2) untuk mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran flex
blended learning pada materi pengurusan jenazah dalam mata pelajaran
Pendidikan agama islam di SMKN 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian ini
adalah study kasus. Penentuan subyek penelitian menggunakan sumber data
primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan menggunakan
observasi partisipasi pasif, wawancara tidak terstruktur dan dokumentasi. Analisis
data menggunakan analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Milles And
Huberman. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan Teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: pada tahap perencanaan dimulai
dari guru menyusun perangkat pembelajaran, jadwal pembelajaran antara online
dan offline, dan bahan ajar lainnya sesuai dengan model flex blended learning.
Pada tahap pelaksanaan dilaksanakan dalam 3 pertemuan, yaitu dalam
penyampaian materi dilakukan secara online di googleclassroom, pelaksanaan
praktek pengurusan jenazah dilaksanakan pada saat offline secara pershift, juga
dilaksanakan secara offline karena waktu yang terbatas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Saudah Nur Fitria Fajarianti
Date Deposited: 28 Dec 2022 08:43
Last Modified: 28 Dec 2022 08:43
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16184

Actions (login required)

View Item View Item