PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI KEGIATAN PEMBACAAN KITAB MAULID SIMTUDDUROR KARYA AL-HABIB ALI BIN MUHAMMAD BIN HUSAIN AL-HABSYI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2022/2023

Putra, Dimas Alif Hidayat Prastyo (2022) PENANAMAN NILAI-NILAI PENDIDIKAN AKHLAK MELALUI KEGIATAN PEMBACAAN KITAB MAULID SIMTUDDUROR KARYA AL-HABIB ALI BIN MUHAMMAD BIN HUSAIN AL-HABSYI DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 BANYUWANGI TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text (Dimas Alif Hidayat Prastyo Putra T20181022)
DIMAS ALIF HIDAYAT PRASTYO PUTRA_T20181022.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dimas Alif Hidayat Prastyo Putra, 2022: Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak
melalui Kegiatan Pembacaan Kitab Maulid Simtudduror Karya Al Habib Ali Bin
Muhammad Bin Husain Al-Habsyi Di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi
Kata Kunci : Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Akhlak, Pembacaan Kitab
Maulid Simtudduror.
Pendidikan Akhlak merupakan usaha yang dilakukan untuk menanamkan
nilai moral kepada peserta didik. Sehingga membentuk peserta didik dalam
berperilaku terpuji. Beberapa madrasah yang ada di Banyuwangi menjadikan
penanaman nilai-nilai akhlak sebagai progam. Pendidikan akhlak dapat dilakukan
dengan pembiasaan positif seperti sholat berjama‟ah, bertadarus sebelum pelajaran,
mencium tangan guru dan mengucapkan salam ketika masuk ruang belajar. Adapun
di MAN 1 Banyuwangi penanaman akhlak dilakukan dengan berbagai cara, salah
satunya dengan kegiatan rutin pembacaan Kitab Maulid Simtudduror yang
dilaksanakan satu kali setiap minggunya yaitu pada hari Jum‟at pagi diawali dengan
pembacaan Tawassul kepada Nabi Muhammad SAW dan diakhiri dengan doa
penutup.
Fokus masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apa saja nilai- nilai pendidikan
akhlak yang terkandung dalam Kegiatan Pembacaan Kitab Maulid Simtudduror
karya Al Habib Ali bin Muhammad bin Husain Al-Habsyi di MAN 1 Banyuwangi.
2) Bagaimana metode penanaman nilai-nilai pendidikan akhlak melalui kegiatan
pembacaan Kitab Maulid Simtudduror karya Al Habib Ali bin Muhammad bin
Husain Al-Habsyi di MAN 1 Banyuwangi. 3) Bagaimana faktor penghambat dan
faktor pendukung penanaman nilai nilai pendidikan akhlak melalui kegiatan
pembacaan Kitab Maulid Simtudduror karya Al Habib Ali bin Muhammad bin
Husain Al-Habsyi di MAN 1 Banyuwangi.
Tujuan pada penelitian ini yaitu: 1) Mendeskripsikan penanaman nilai nilai
pendidikan akhlak melalui kegiatan pembacaan Kitab Maulid Simtudduror karya Al
Habib Ali bin Muhammad bin Husain Al-Habsyi di MAN 1 Banyuwangi. 2)
Mendeskripsikan Bagaimana metode penanaman nilai nilai pendidikan akhlak
melalui kegiatan pembacaan Kitab Maulid Simtudduror karya Al Habib Ali bin
Muhammad bin Husain Al-Habsyi di MAN 1 Banyuwangi. 3) Mendeskripsikan
faktor penghambat dan faktor pendukung penanaman nilai nilai pendidikan akhlak
melalui kegiatan pembacaan Kitab Maulid Simtudduror karya Al Habib Ali bin
Muhammad bin Husain Al-Habsyi di MAN 1 Banyuwangi.
Adapun penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, dengan
menggunakan model miles, huberman dan saldana. Dalam penentuan informan
menggunkan teknik purposive . Sementara teknik pengumpulan data menggunakan
metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data
menggunakan langkah-langkanh sebagai berikut 1) kondensasi data, 2) penyajian
data, 3) Penarikan kesimpulan. Untuk analisis keabsahan data peneliti menggunakan
triangulasi sumber dan teknik.
x
Hasil dari peneltian ini adalah 1) nilai-nilai pendidikan akhlak yang
ditanamkan kegiatan pembacaan Kitab Maulid Simtudduror karya Al Habib Ali bin
Muhammad bin Husain Al-Habsyi di MAN 1 Banyuwangi adalah Dzikrullah (akhlak
kepada Allah SWT), Mahabbah (akhlak kepada Rosulullah SAW), Tawadhu‟ (akhlak
kepada sesama manusia). 2) Dalam penanaman nilai-nilai pendidikan akhlak pada
kegiatan pembacaan Kitab Maulid Simtudduror menggunakan metode keteladanan
dan metode Pembiasaan. 3) Faktor pendukung penanaman nilai-nilai pendidikan
akhlak pada kegiatan pembacaan Kitab Maulid Simtudduror yaitu a) motivasi dan
tekad siswa untuk selalu melakukan hal-hal baik sesuai dengan yang diajarkan oleh
guru di Madrasah Aliyah Negeri 1 Banyuwangi. b) dukungan dari pihak Madrasah
Aliyah Negeri 1 Banyuwangi berupa fasilitas yang menunjang, demi kelancaran
kegiatan pembacaan Kitab Maulid Simtudduror setiap hari jum‟at. c) Kerjasama
antar guru dalam pelaksanaan kegiatan. 4) Faktor penghambat penanaman nilai-nilai
pendidikan akhlak pada kegiatan pembacaan Kitab Maulid Simtudduror yaitu: a)
Adanya peserta didik yang mengobrol dengan temannya. b) Adanya peserta didik
yang bermain handphone ketika kegiatan berlangsung

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Dimas Alif Hidayat Prastyo Putra
Date Deposited: 29 Dec 2022 00:52
Last Modified: 29 Dec 2022 00:52
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16212

Actions (login required)

View Item View Item