Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Disiplin Ibadah Siswa XI IPS SMA Diponegoro Panti Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

ansah, suhardi (2022) Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Disiplin Ibadah Siswa XI IPS SMA Diponegoro Panti Jember Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SUHARDIANSAH_T20181339.pdf

Download (3MB)

Abstract

Suhardiansah, 2022: Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Disiplin Ibadah Siswa XI IPS SMA Diponegoro Panti Jember Tahun Pelajaran 2021/2022

Kata Kunci: Peran Guru PAI, Karakter Disiplin Ibadah

Penelitian ini mengkaji peran guru PAI dalam membentuk karakter disiplin ibadah siswa XI IPS SMA Diponegoro Panti Jember. Penelitian tersebut dilatarbelakangi oleh mengikisnya rasa disiplin ini, berdampak pada perilaku yang tidak baik saat di sekolah maupun di luar sekolah. Saat di sekolah dapat ditemui tingginya siswa yang melanggar peraturan sekolah seperti tidak memakai atribut sekolah, datang terlambat baik kegiatan pembelajaran atau kegiatan ekstrakurikuler, tidak mengerjakan tugas dan sebagainya. Sehingga diperlukan usaha atau program untuk mengoptimalkan pendidikan karakter di SMA. Melalui kegiatan pelaksanaan sholat dhuha dapat membekali siswa agar membiasakan kedisplinan di sekolah maupun diluar sekolah.
Fokus penelitian ini adalah: (1) Peran guru PAI dalam membentuk karakter disiplin beribadah siswa di SMA Diponegoro Jember (2) Strategi guru PAI dalam membentuk karakter disiplin beribadah siswa di SMA Diponegoro Jember, (3) Faktor pendukung dan penghambat peran guru PAI dalam membentuk karakter disiplin beribadah siswa di SMA Diponegoro Jember. Sedangkan tujuannya adalah mendeskripsikan tentang peran dan strategi guru PAI dalam membentuk karakter disiplin beribadah siswa beserta faktor pendukung dan penghambatnya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deksriptif. Penentuan sumber data atau subjek penelitian dilakukan dengan purposive sampling. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dipakai meliputi: kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Untuk menguji keabsahan data, peneliti menggunakan triangulasi sumber dan metode.
Adapun hasil penelitiannya adalah: 1) Peran guru kelas dalam membentuk karakter disiplin beribadah siswa yaitu sebagai pendidik, sebagai pembimbing dan sebagai suri teladan bagi siswa. 2) Strategi yang digunakan membentuk disiplin, salah satunya dengan memberikan hukuman bagi siswa yang terlambat mengikuti kegiatan sholat dhuha berjamaah dengan memberikan hukuman skot jam dan berdiri di depan siswa lain. 3) Faktor pendukung peran guru PAI dalam membentuk karakter disiplin beribadah siswa di SMA Diponegoro Jember yaitu musholla dan adanya dukungan siswa dan guru. Sedangkan faktor penghambatnya masih rendahnya kesadaran diri untuk melaksanakan kegiatan sholat dhuha berjamaah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Suhardi Suhardiansah Suhardiansah
Date Deposited: 29 Dec 2022 09:09
Last Modified: 29 Dec 2022 09:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16226

Actions (login required)

View Item View Item