Manajemen Program Orientasi Studi Pustaka dan Studi Lapangan Madrasah Aliyah Annuriyyah (OSPAMA) dalam Membina Kompetensi Siswa (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember)

Safitri, Irnia (2020) Manajemen Program Orientasi Studi Pustaka dan Studi Lapangan Madrasah Aliyah Annuriyyah (OSPAMA) dalam Membina Kompetensi Siswa (Studi Kasus di Madrasah Aliyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember). Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Irnia Safitri_T20163017.pdf

Download (1MB)

Abstract

Manajemen program orientasi studi pustaka dan studi lapangan Madrasah Aliyah Annuriyyah (OSPAMA) dalam membina kompetensi siswa (studi kasus di Madrasah Aliyah Annuriyyah Kaliwining Rambipuji Jember). Fokus penelitian yang digunakan ialah bagaimana fungsi manajemen yang diantaranya meliputi perencanaan, pengorganisasian, penggerakan, dan pengawasan/evaluasi dalam membina kompetensi siswa. Manajemen diperlukan dalam segala bidang. Bentuk dan organisasi serta tipe kegiatan. Di mana orang-orang saling bekerja sama untuk mencapai suatu tujuan yang telah ditetapkan. Manajemen dibutuhkan oleh semua organisasi, karena tanpa manajemen semua usaha akan sia-sia. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif deskriptif, jenis penelitian yang akan dilakukan ialah penelitian lapangan atau studi kasus, subyek penelitiannya menggunakan metode purposive, teknik engambilan datanya menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi, analisis datanya menggunakan kondensasi data; penyajian data; dan penarikan kesimpulan, keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil yang didapat dalam penelitian ini yakni, (1) Pada awal program ini dikelola dengan menggunakan modoel top down atau dari atas ke bawah. Dalam proses ini siswa diberikan pembekalan dan buku pedoman agar mereka dapat maksimal dalam mengembangkan kemampuan mereka serta mendapatkan kompetensi yang diharapkan, (2) Untuk pembagian kelompok ini mempertimbangkan beberapa hal, diantaranya: yang dilihat pertama berdasarkan jumlah pembimbing, Jumlah siswa, Dilakukan pemerataan pembagian (bisa urut absen), Untuk jurusan IPA di guru IPA, untuk IPS keguru IPS, khusus bapak Chusshoh sekarang dicampur karena menyesuaikan jumlah siswa dan jumlah pembimbing. Kompetensi yang dapat dibina dalam pengorganisasian program Orientasi Studi Pustaka dan Studi Lapangan Madrasah Aliyah Annuriyyah sangat memperhatikan kompetensi siswa. (3) Pihak panitia juga memberikan keleluasaan pada pembimbing dan siswi, baik saat di lapangan ataupun saat penyelesaian laporan yang berupa karya tulis, meskipun dengan batas waktu yang diberikan oleh pihak panitia. (4) Program OSPAMA ini melakukan evaluasi conteks dengan memahami tujuan program; dalam hal input, program ini tidak melakukan pretest atau tes sebelum dilaksanakannya program: dan dalam hal produknya akan menghasilkan karya tulis dengan dua macam. Yakni, studi pustaka dan studi lapangan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 09 Mar 2021 02:51
Last Modified: 09 Mar 2021 02:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1624

Actions (login required)

View Item View Item