Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Sekolah Menengah Pertama Ibrahimy Genteng Banyuwangi

Hafidz, Azhari (2022) Implementasi Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam Kemampuan Membaca Kitab Kuning di Sekolah Menengah Pertama Ibrahimy Genteng Banyuwangi. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
HAFIDZ AZHARI_T20181470.pdf

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya kemampuan siswa dalam membaca kitab kuning dengan cepat, dan juga dapat memahami isi dari kitab kuning yang dibaca oleh siswa dengan mudah, dan juga saya memilih di SMP Ibrahimy genteng karena disekolah tersebut mempunyai program unggulan dalam membaca kitab kuning,dan ingin mengetahui bagaimana perencenaan, pelaksanaan, dan evaluasi metode Al-Miftah Lil Ulum baca kitab kuning di SMP Ibrahimy Genteng.Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana Perecanaan Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam kemampuan baca kitab kuning pada siswa SMP Ibrahimy Genteng? 2)Bagaimana Pelaksanaan Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam kemampuan baca kitab kuning pada siswa SMP Ibrahimy Genteng? 3) Bagaimana Evaluasi Metode Al�Miftah Lil Ulum dalam kemampuan baca kitab kuning pada siswa SMP Ibrahimy Genteng?Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Mengetahui Perecanaan Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam kemampuan baca kitab kuning pada siswa SMP Ibrahimy Genteng.2) Mengetahui Pelaksanaan Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam kemampuan baca kitab kuning pada siswa SMP Ibrahimy Genteng. 3) Mengetahui Evaluasi Metode Al-Miftah Lil Ulum dalam kemampuan baca kitab kuning pada siswa SMP Ibrahimy Genteng.Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian field research, Adapun informan dalam penelitian ini dipilih dengan menggunakan purposive, metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data mengunakan model Interaktif Miles, Hubermandan Saldana yang terdiri dari kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.Hasil penelitian ini adalah: 1) Perencanaan Metode Al-Miftah Lil Ulum di SMP Ibrahimy Genteng yakni meliputi penentuan tujuan pembelajaran, menentukan alokasi waktu, menentukan materi sesuai dengan urutan jilid, menentukan metode, menentukan Media pembelaran. 2) Pelaksanaan metode Al-Miftah Lil Ulum di SMP Ibrahimy Genteng dibagi tiga bagian kegiatan yakni pertama kegiatan pendahuluan meliputi guru mengucapkan salam, penyampaian uppersepsi, dilanjutkan membaca nadzam Al-Miftah ,dilanjut dengan bertawasul, kedua kegiatan inti meliputi penyampaian isi materi dengan menggunakan metode dan media berbeda yang disesuaikan dengan konteks materi dan tujuan dari materi tersebut, ketiga kegiatan penutup meliputi Guru menyimpulkan materi, guru memberi kesempatan untuk bertanya terkait materi yang belum difahami, Guru meminta siswa untuk menutup pembelajaran dengan berdo‟a dan diakhiri dengan salam. 3) Evaluasi pembelajaran metode Al-Miftah Lil Ulum di SMP Ibrahimy Genteng dilaksanakan dengan teknik tes tulis dan juga tes lisan. Evaluasi tersebut dilaksanakan dua kali setiap akhir dari setiap materi dan juga ketika Ujian Akhir Semester.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Hafidz Azhari
Date Deposited: 30 Dec 2022 02:19
Last Modified: 30 Dec 2022 02:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16274

Actions (login required)

View Item View Item