Pembelajaran Al-Qur'an Bagi Lansia Melalui Pendekatan Andragogi Di Masjid Ar-Royyan Curah Sawah Umbulsari Jember

Atmajayanti, Desi Puji (2022) Pembelajaran Al-Qur'an Bagi Lansia Melalui Pendekatan Andragogi Di Masjid Ar-Royyan Curah Sawah Umbulsari Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DESI PUJI ATMAJAYANTI WATERMARK.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an, Lansia, Pendekatan Andragogi
Pada era globalisasi ini, berbagai perkembangan teknologi informasi dan ilmu pengetahuan mengalami kemajuan yang pesat. Salah satu aspek terpenting yang memperoleh perhatian khusus saat ini adalah konsep pendidikan orang dewasa. Kita tidak selalu berbicara serta membahas seputar pendidikan siswa disekolah yang relatif muda. Namun realita dilapangan, banyak orang dewasa tidak mengenyam pendidikan baik secara informal maupun nonformal. Seperti pendidikan berupa keterampilan, kursus, penataran, pengajaran membaca Al-Quran dan lain sebagainya.
Berdasarkan permasalahan diatas, maka peneliti berupaya untuk mengungkapkan secara mendalam sesuai dengan fokus dalam penelitian ini yaitu (1)Bagaimana Pembelajaran Membaca dan Menghafal Al-Qur’an bagi lansia melalui Pendekatan Andragogi di Masjid Ar-Royyan Curah Sawah Umbulsari Jember?,(2)Bagaimana Hasil Pencapaian Pembelajaran Membaca dan Menghafal Al-Qur’an bagi lansia melalui Pendekatan Andragogi di Masjid Ar-Royyan Curah Sawah Umbulsari Jember?.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan dan hasil pencapaian pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an bagi lansia melalui pendekatan andragogi di Masjid Ar-Royyan Curah Sawah Umbulsari Jember.
Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis studi kasus. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Miles & Hubermen dan Saldana, yang meliputi: pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian ini menujukkan bahwa: (1) Dalam pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an pelaksanannya pada hari minggu, proses pembelajarannya terdiri dari tiga kegiatan: a) Kegiatan pembuka: salam dan membaca Al-Fatihah, b) Kegiatan inti: membaca Al-Qur’an dengan menggunakan metode tartil dan iqra’ disesuaikan dengan kategori kualitas bacaan ibu-ibu, selain materi ilmu tajwid dan isi kandungan ibu-ibu mendapatkan kajian seputar fiqih yang relevan dengan masalah kehidupannya.Kemudian dilanjut dengan menghafal Al-Qur’an menggunakan metode setoran dan surah yang wajib dihafal mulai surah An-Nas sampai Adh-Dhuha, c)Kegiatan Penutup: pemberian motivasi dan membaca doa kafaratul majelis. (2) Hasil pencapaian dari pembelajaran membaca dan menghafal Al-Qur’an bagi lansia menunjukkan adanya perkembangan ibu-ibu bermula membaca Al-Qur’an belum bisa dan belum lancar, dengan adanya kegiatan ini ibu-ibu membaca Al-Qur’an menjadi lancar. Sedangkan perkembangan dalam menghafal Al-Qur’an menunjukkan awalnya ibu-ibu sama sekali belum punya hafalan hingga akhirnya mempunyai hafalan, hal ini dibuktikan melalui pertemuan disetiap minggunya dan juga evaluasi yang diadakan 2 bulan sekali. Hal ini dikarenakan adanya motivasi yang tinggi dalam diri ibu-ibu dan tujuan yang mendasari sebab adanya kebutuhan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Desi Puji Atmajayanti
Date Deposited: 03 Jan 2023 07:48
Last Modified: 03 Jan 2023 07:48
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16336

Actions (login required)

View Item View Item