Penerapan Literasi Dasar Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Kartu Kata Bergambar pada Kelompok B di TK Dharma Wanita 68 Kaliploso Cluring Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022-2023

Diah, Nur Rohma (2022) Penerapan Literasi Dasar Anak Usia Dini Melalui Media Pembelajaran Kartu Kata Bergambar pada Kelompok B di TK Dharma Wanita 68 Kaliploso Cluring Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022-2023. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
DIAH NUR ROHMA.pdf

Download (4MB)

Abstract

Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami
informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Literasi anak usia dini
merupakan suatu usaha untuk pengenalan anak usia dini pada kegiatan pra
membaca. Literasi anak usia dini bukanlah mengajari anak usia dini membaca,
melainkan untuk ,memberikan fondasi kepada anak usia dini agar mereka menjadi
siap di kemudian hari ketika mereka belajar membaca yang sesungguhnya.
Pembelajaran literasi dasar pra membaca sangat penting karena dapat
mempengaruhi proses anak pada jenjang pendidikan yang selanjutnya. Dengan
demikian penerapan literasi anak usia dini melalui media kartu kata bergambar
sangat baik untuk mengembangkan literasi anak di TK Dharma Wanita 68
Kaliploso Cluring Banyuwangi.
Terdapat 2 isu pertama yang menjadi fokus penelitian yaitu: 1) Bagaimana
pelaksanaan pembelajaran dalam meningkatkan literasi dasar pada anak usia dini
melalui media pembelajaran kartu kata bergambar pada kelompok B di TK Dharma
Wanita 68 Kaliploso Cluring Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022-2023 ?, 2)
Bagaimana perkembangan pembelajaran dalam meningkatkan literasi dasar anak
usia dini melalui media pembelajaran kartu kata bergambar pada kelmpok B di TK
Dharma Wanita 68 Kaliploso Cluring Banyuwangi 2022-2023?.
Tujuan peneitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan
pembelajaran dalam meningkatkan literasi dasar anak usia dini melaui media
pembelajaran kartu kata bergambar pada kelompok B di TK Dharma Wanita 68
Kaliposo Cluring Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022-2023. 2) Untuk
mendeskripsikan perkembangan pembelajaran dalam meningkatkan literasi dasar
anak usia dini melalui media pembelajaran kartu kata bergambar pada kelompok B
di TK Dharma Wanita 68 Kaliploso Cluring Banyuwangi Tahun Pelajaran 2022-
2023.
Pendekatan yang digunakan penelitian ini adalah kualitatif, sedangkan jenis
penelitian ini adalah deskriptif. Penelitian ini digunakan dengan observasi,
wawancara dan dokumentasi sebagai tekhnik pengumpulan data. Analisis data
menggunakan reduksi data, data display dan kesimpulan/verifikasi. Sedangkan
keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi
waktu.
Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan, dapat disimpulkan, 1)
Pelaksanaan pembelajaran literasi dasar anak usia dini melalui media pembelajaran
kartu kata bergambar pada kelompok B di TK Dharma Wanita 68 Kaliploso ada 3
hal yang dilaksanakan, hal pertama adalah kegiatan pembuka, hal kedua kegiatan
inti, dan hal yang ketiga adalah penutup. 2) Perkembangan pembelajaran literasi
anak melalui media pembelajaran kartu kata brgabar pada kelompok B di TK
Dharma Wanita 68 Kaliploso dilihat ketika anak mulai tertarik dengan media
yangdigunakan, lalu anak fokus dengan apa ang diterangkan, kemudian anak mulai
memahami dan mengerti apa yang telah diajarkan oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Diah Nur Rohma
Date Deposited: 03 Jan 2023 08:09
Last Modified: 03 Jan 2023 08:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16344

Actions (login required)

View Item View Item