Sari, Riva Winda (2022) Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Pada Materi Pemanasan Global Untuk Siswa Kelas VII DI SMP/MTs. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.
Text
RIVA WINDA SARI_T201810069.pdf Download (10MB) |
Abstract
Riva Winda Sari, 2022: Pengembangan Media Pembelajaran Infografis Pada Materi Pemanasan Global Untuk Siswa Kelas VII di SMP/MTs
Kata Kunci: Media Pembelajaran, Materi Pemanasan Global, Infografis.
Berdasarkan temuan di MTs Hasanuddin Semboro, yaitu pendidik merasa kesulitan dan kekurangan terkait media pembelajaran dan kebutuhan siswa terhadap media pembelajaran yang menarik. Materi Pemanasan Global yang bersifat konseptual,
factual dan prosedural yang sulit dipahami. Penelitian dan pengembangan media pembelajaran Infografis dapat digunakan untuk memudahkan siswa memahami materri
Pemanasan Global dan dapat digunakan untuk belajar mandiri dimanapun.
Rumusan masalah pada penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Bagaimanakah validitas terhadap media pembelajaran Infografis pada materi Pemanasan Global untuk siswa kelas VII di SMP/MTs. (2) Bagaimanakah hasil uji respon siswa terhadap pengembangan media pembelajaran Infografis pada materi Pemanasan Global kelas VII di SMP/MTs.
Tujuan dari penelitian dan pengembangan ini adalah (1) Untuk mengetahui validitas terhadap pengembangan media pembelajaran Infografis pada materi Pemanasan Global kelas VII di SMP/MTs (2) Untuk mengetahui respon siswa terhadap
pengembangan media pembelajaran infografis pada materi Pemanasan Global kelas VII di SMP/MTs.
Jenis penelitian yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan (Research and Development). Peneliti menerapkan model 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu define, design, development, and disseminate. Pengumpulan hasil data
yang diperoleh peneliti menggunakan instrument berupa wawancara dan lembar angket analisis kebutuhan siswa, lembar validasi ahli materi, lembar validasi ahli media, lembar
validasi ahli praktisi (guru), dan angket respons siswa untuk dilaksanakan uji coba skala kecil sebanyak 6 siswa dan skala besar sebanyak 30 siswa.
Hasil penelitian dan pengembangan yang sudah dilaksanakan memperoleh (1) Presentase nilai validasi ahli materi sebanyak 98%, (2) Presentase nilai validasi ahli media sebanyak 89%, (3) Presentase nilai validasi ahli praktisi (guru) sebanyak 90%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat validitas media Infografis yang dikembangkan oleh peneliti dinyatakan sangat valid. Pada uji respons siswa
mendapatkan hasil (1) Uji skala kecil sebanyak 91% dengan kriteria sangat menarik, (2) Uji skala besar sebanyak 88% dengan kriteria sangat menarik, jadi dari segi kemenarikan media Infografis sangat menarik untuk digunakan saat proses
pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 04 EARTH SCIENCES > 0401 Atmospheric Sciences > 040199 Atmospheric Sciences not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA |
Depositing User: | Ms Riva Winda Sari |
Date Deposited: | 03 Jan 2023 08:12 |
Last Modified: | 03 Jan 2023 08:12 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16364 |
Actions (login required)
View Item |