Pengaruh Perangkat Pembelajaran Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis 3C3R (Content, Context, Connection, Researching, Reasoning, Reflecting) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Purwoharjo Tahun Pelajaran 2021/2022

Hamidah, Nida Milatul (2022) Pengaruh Perangkat Pembelajaran Model PBL (Problem Based Learning) Berbasis 3C3R (Content, Context, Connection, Researching, Reasoning, Reflecting) Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Purwoharjo Tahun Pelajaran 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NIDA MILATUL HAMIDAH_T201810047-1.pdf

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa yang disebabkan oleh rendahnya tingkat pasrtisipasi siswa karena proses pembelajaran masih berpusat kepada guru, serta masih menggunakan metode ceramah satu arah sebagai metode penyampaian materi.Salah satu alternative yang diharapkan akan menjadi solusi adalah dengan menerapkan perangkat pembelajaran dengan model PBL berbasis 3C3R yang memberikan kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan pengetahuanya sehingga siswa dapat berperan aktif dalam pembelajaran dan akan meningkatkan hasil belajarnya.

Kata kunci:Perangkat Pembelajaran, PBL berbasis 3C3R, Hasil Belajar
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana penerapan perangkat pembelajaran model PBL berbasis 3C3R pada materi pencemaran lingkungan? 2) Adakah pengaruh penerapan perangkat pembelajaran model PBL berbasis 3C3R pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar kognitif siswa kelas VII SMPN 1 Purwoharjo? 3) Adakah pengaruh penerapan perangkat pembelajaran model PBL berbasis
3C3R pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar afektif siswa kelas VII SMPN 1 Purwoharjo? 4) Adakah pengaruh penerapan perangkat pembelajaran model PBL berbasis 3C3R pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas VII SMPN 1 Purwoharjo? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan penerapan perangkat pembelajaran model PBL berbasis 3C3R pada materi pencemaran lingkungan. 2) Mendeskripsikan pengaruh penerapan perangkat pembelajaran model PBL berbasis 3C3R pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar kognitif siswa
kelas VII SMPN 1 Purwoharjo. 3) Mendeskripsikan pengaruh penerapan perangkat pembelajaran model PBL berbasis 3C3R pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar afektif siswa kelas VII SMPN 1 Purwoharjo. 4) Mendeskripsikan pengaruh penerapan perangkat pembelajaran model PBL berbasis 3C3R pada materi pencemaran lingkungan terhadap hasil belajar psikomotorik siswa kelas VII SMPN 1 Purwoharjo.
Metode penelitian ini adalah kuantitatif jenis Quasi Experiment. Sampel penelitian adalah kelas VII-A berjumlah 30 siswa sebagai kelas eksperimen dan VII-B berjumlah
30 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan angket. Teknik uji hipotesis menggunakan uji Independent Sampel T-Test.
Penyisipan desain masalah 3C3R dalam sintak model PBL, yaitu tahap 3C berada pada fase 1, tahap Researching berada pada fase 2 dan fase 3, tahap Reasoning berada pada fase 4, dan tahap Reflecting berada pada fase 5. Berdasarkan hasil uji-t pada nilai posttest diperoleh nilai signifikansi hasil belajar kognitif, afektif dan psikomotorik. Nilai signifikansi kognitif sebesar 0,00 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Nilai signifikansi afektif sebesar 0,000 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dan hasil belajar psikomotorik
mendapat nilai signifikansi 0,000 artinya Ho ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dalam penerapan perangkat pembelajaran model PBL Berbasis 3C3R Pada Materi Pencemaran Lingkungan Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas VII SMPN 1 Purwoharjo Tahun Pelajaran 2021/2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 03 CHEMICAL SCIENCES > 0307 Theoretical and Computational Chemistry > 030799 Theoretical and Computational Chemistry not elsewhere classified
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050204 Environmental Impact Assessment
05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050205 Environmental Management
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Nida Milatul Hamidah
Date Deposited: 04 Jan 2023 03:11
Last Modified: 04 Jan 2023 03:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16368

Actions (login required)

View Item View Item