Nihaya, Rahma Izzan Nihaya (2022) Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
SKRIPSI-RAHMA IZZAN NIHAYA (watermark).pdf Download (4MB) |
Abstract
Rahma Izzan Nihaya, 2022. Implementasi Model Pembelajaran Cooperative Script dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Penelitian ini membahas tentang Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Script dalam meningkatkan hasil belajar PAI. Cooperatif Script adalah model belajar dimana siswa bekerja berpasangan dan bergantian secara lisan mengikhtisarkan, bagian bagian dari materi yang dipelajari. Dengan hal itu siswa dapat aktif mempresentasikan dan mendiskusikan materi yang dipelajari bersama kelompoknya, sehingga dapat memberikan peningkatan pemahaman siswa terhadap materi dan dapat meningkatkan hasil belajaranya.
Fokus Penelitian ini adalah 1) Bagaimana penerapan model pembelajaran Coorperative Script yang dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? 2)Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Coorperative Script pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2022/2023? Dengan tujuan penelitian 1) Mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Coorperative Script yang dapat meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. 2) Mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui model pembelajaran Coorperative Script pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Negeri 1 Jelbuk Jember Tahun Pelajaran 2022/2023
Penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas. Penentuan subjek penelitian menggunakan teknik purposive. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan teknik observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan reduksi data, analisis deskriptif presentase, penyajian data, dan penarikan kesimpulan, serta keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil, yakni: 1) Proses pembelajaran Coorperative Script menggunakan jenis penelitian tindakan kelas, dilakukan sebanyak dua siklus, setiap siklusnya ada tiga pertemuan dan empat tahapan yaitu tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Setiap pertemuan ada tiga kegiatan yaitu pendahuluan, inti dan penutup 2) Peningkatan hasil belajar siswa pada tahap prasiklus yang nilai rata-ratanya sebesar 65, kemudian pada tahap siklus I dengan nilai rata-rata sebesar 76,80 dan meningkat pada siklus II dengan nilai rata-rata siswa sebesar 82,08. Begitu juga hasil persentase siswa yang berhasil pada setiap siklusnya juga meningkat. Dengan presentase hasil keberhasilan 41,66% (15 siswa) pada prasiklus dan 50% (18 siswa) pada siklus I kemudian 83,33% (30 siswa) pada siklus II. Dapat disimpulkan bahwa hasil penelitian yang lakukan di SMP Negeri 1 Jelbuk Jember dengan menggunakan model pembelajaran Cooperative Script telah mencapai peningkatan atau ketuntasan hasil belajar.
Kata Kunci: Cooperative Script, Hasil Belajar
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130199 Education systems not elsewhere classified 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Nona Rahma Izzan Nihaya Rahma |
Date Deposited: | 05 Jan 2023 03:05 |
Last Modified: | 05 Jan 2023 03:05 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16391 |
Actions (login required)
View Item |