Penggunaan Media Puzzle Jam Untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Raudlatul Atfhal Fitri Mulia Gebang Jember

Hasanah, Nikmah Nur (2020) Penggunaan Media Puzzle Jam Untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun di Raudlatul Atfhal Fitri Mulia Gebang Jember. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Nikmah Nur Hasanah_T20165073.pdf

Download (22MB)

Abstract

Kata Kunci : Penggunaan Media Puzzle jam, kognitif anak, mengingat angka Pendidikan anak usia dini memiliki ciri khas menggunakan berbagai alatalat, perlengkapan, maupun permainan yang secara khusus dirancang sesuai dengan karakteristik anak. Prinsip pendidikan anak tersebut menunjukkan bahwa kegiatan bermain adalah inti dari kegiatan belajar anak karena bermain adalah dunia yang sangat berkesan bagi anak. Prinsip pendidikan anak usia dini menunjukkan pada kegiatan bermain, ini merupakan inti kegiatan belajar anak karena bermain adalah dunia yang sangat berkesan bagi anak. Maka penelitian mengenai Penggunaan Media puzzle jam untuk Mengembangkan Kognitif Anak Usia dini perlu dilakukan di Raudlatul Athfal Fitri Mulia Gebang Jember. Fokus Penelitian dalam karya ini: 1) Bagaimana pelaksanaan penggunaan Media Puzzle Jam di Raudlatul Atfhal Fitri Mulia Gebang Jember?. 2) Bagaimana langkah-langkah Penggunaan Media Puzzle Jam yang dapat Mengembangkan Kognitif Anak Usia Dini 5-6 Tahun di Raudlatul Atfhal Fitri Mulia Gebang Jember?. Maka tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Mendiskripsikan pelaksanaan penggunaan Media Puzzle Jam d Raudlatul Athfal Fitri Mulia Gebang Jember. 2) Mendiskripsikan langkah-langkah penggunaan media puzzle jam untuk mengembangkan kognitif anak usia dini 5-6 tahun dalam mengingat angka di Raudlatul Atfhal Fitri Mulia Gebang Jember. Pendekatan dan jenis penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian deskriptif, lokasi di RA Fitri Mulia Gebang Jember, penentuan subyek menggunakan teknik praktek langsung, metode pengumpulan dan observasi, wawancara, dokumentasi, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa 1) Pelaksanaan Penggunaan media puzzle jam dapat meningkatkan pengembangan kognitif anak usia 5 -6 tahun di RA Fitri Mulia Gebang Jember dan dalam proses interaksi ini membuat anak tertarik dan lebih cepat memahami dan mengingat angka. 2) Langkah-langkah penggunaan media puzzle jam dimulai dengan pemilihan sub tema, pembuatan RPPH, pembuatan media puzzle yang berhubungan dengan tema angka. Guru mengarahkan anak-anak mewarnai angka yang ada, kemudian menunjukkan angka yang sudah mereka warna dan diminta untuk meletakkan kedalam kotak yang sudah disediakan. Guru menunjuk angka maka anak-anak memperhatikan angka yang dipegang, siapapun yang sama angkanya dengan angka yang ditunjuk guru pada puzzle jam harus kedepan dan menempelkan. Langkah penggunaan puzzle ini dapat berjalan baik atau lebih baik lagi dengan keadaan anak tetap bermain sesuai aturan, menghargai pendapat teman, mandiri, menyelesaikan masalah secara tuntas tentang angka.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 16 Mar 2021 02:06
Last Modified: 16 Mar 2021 02:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1642

Actions (login required)

View Item View Item