As’ari, M.Pd.I, As'ari (2023) PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WISH A QUESTION (LSQ) KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH KHOLID BIN WALID DUKUH MENCEK SUKORAMBI JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022. PEMBELAJARAN AQIDAH AKHLAK MELALUI METODE PEMBELAJARAN LEARNING START WISH A QUESTION (LSQ) KELAS VIII DI MADRASAH TSANAWIYAH KHOLID BIN WALID DUKUH MENCEK SUKORAMBI JEMBER TAHUN AJARAN 2021/2022. (Submitted)
Text
SKRIPSI SITI MUSFIQOTUL BAHRIA T20181353 .pdf Download (4MB) |
Abstract
Siti Musfiqotul Bahria, 2022: Pembelajaran Aqidah Akhlak Melalui Metode Pembelajaran Learning Start Wish A Question (LSQ) Kelas VIII di MTs Kholid Bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun ajaran 2021\2022.
Kata Kunci : Keaktifan siswa, Learning Start Wish A Question.
Pembelajaran Akidah Akhlak di MTs Kholid bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember, masih ada peserta didik yang bersikap kurang memperhatikan saat proses belajar mengajar dan ditemukan bahwa kemampuan bertanya peserta didik kurang. Pendidik menerapkan metode LSQ dalam pembelajaran aqidah akhlak kelas VIII di MTs Kholid Bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember, guna membangkitkan semangat siswa dalam membaca, serta melatih siswa mengemukakan pendapat ide dan gagasan serta melatih siswa berfikir kritis.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana perencanaan pembelajaran aqidah akhlak melalui metode pembelajaran LSQ kelas VIII di MTs Kholid Bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Ajaran 2021/2022 (2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran aqidah akhlak melalui metode pembelajaran LSQ kelas VIII di MTs Kholid Bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Ajaran 2021/2022 (3) Bagaimana evaluasi pembelajaran aqidah akhlak melalui metode pembelajaran LSQ kelas VIII di MTs Kholid Bin Walid Dukuh Mencek Sukorambi Jember Tahun Ajaran 2021/2022.
Metode penelitian dalam skripsi ini menggunakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (fiel research), Subyek penelitian menggunakan teknik purposive yakni Kepala Sekolah, Guru aqidah akhlak dan siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tiga cara yakni observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang penulis gunakan adalah analisis Miles, Huberman, dan Saldana yang terdiri dari: kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi. Keabsahan data dalam penelitian ini mengunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Kesimpulan penelitian ini adalah 1) Perencanaan pembelajaran Aqidah Akhlak melalui metode pembelajaran LSQ yaitu, a) Perumusan tujuan pembelajaran agar siswa lebih aktif dalam bertanya, tujuan kompetensi siswa. b) Penetapan materi pelajaran tentang adab terhadap orang tua dan guru c) Pemilihan sumber/media pembelajaran, yaitu papan tulis dan buku paket Aqidah Akhlak kelas VIII d) Penetapan metode pembelajaran, menggunakan metode pembelajaran LSQ. 2) Pelaksanaan pembelajaran Aqidah Akhlak melalui metode pembelajaran LSQ yaitu, a) Membuka pelajaran dengan melakukan orientasi, pemberian motivasi, apersepsi, dan acuan. b) Menyampaikan materi pelajaran tentang adab terhadap orang tua dan guru. c) Menggunakan metode pembelajaran LSQ sesuai dengan Langkah-langkah d) Menggunakan media/sumber pembelajaran, yaitu papan tulis serta buku paket Aqidah Akhlak kelas VIII 5) Menutup Pelajaran dengan melakukan refleksi materi, memberi tugas, doa serta salam. 3) Evaluasi pembelajaran pembelajaran Aqidah Akhlak melalui metode pembelajaran LSQ yaitu, a) Guru mengevaluasi siswa melalui observasi menunjukkan sikap aktif siswa dalam berdiskusi b) Mengevaluasi siswa dengan tes objektif bentuk pilihan ganda.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130103 Higher Education 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130105 Primary Education |
Depositing User: | Mis Siti Musfiqotul Bahria |
Date Deposited: | 11 Jan 2023 04:32 |
Last Modified: | 11 Jan 2023 04:32 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16433 |
Actions (login required)
View Item |