Khoiriyatul, Musyarofa Efektivitas Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember. Efektivitas Pendekatan Saintifik Pada Mata Pelajaran Al-Qur'an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember (93). (Submitted)
Text
koir watermak.pdf Download (6MB) |
Abstract
Khoiriyatul Musyarofa, 2022 : “Efektivitas Pendekatan Saintifik Pada Mata
Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman
Kecamatan Sukorambi Kabupaten Jember”
Kata Kunci : Efektivitas Pendekatan Saintifik, Mata Pelajaran Al-Qur’an
Hadits
Efektivitas pendekatan saintifik adalah sebuah pendekatan yang dirancang
agar peserta didik dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Pada
faktanya di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman terdapat sebuah masalah yang
terjadi pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits yang mana masalahnya adalah
turunnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran Al-Qur’an Hadits ,
karena proses pembelajaran yang terlalu monoton sehingga peserta didik merasa
bosan, kurangnya perhatian dari guru sehingga peserta didik menjadi pasif dalam
kegiatan pembelajaran, serta guru masih belum mengupdate kurikulum 2013
sehingga peserta didik tidak dapat berperan aktif dalam kegiatan pembelajaran.
Fokus penelitian dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana Efektivitas
Kegiatan Mengamati Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah
Tsanawiyah Fathur Rahman?, 2) Bagaimana Efektivitas Kegiatan Menanya Pada
Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman?, 3)
Bagaimana Efektivitas Kegiatan Mengumpulkan Informasi Pada Mata Pelajaran
Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman?, 4) Bagaimana
Efektivitas Kegiatan Mengasosiasi Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di
Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman?, 5) Bagaimana Efektivitas Kegiatan
Mengkomunikasikan Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah
Tsanawiyah Fathur Rahman?.
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk Mendeskripsikan Efektivitas
Kegiatan Mengamati Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah
Tsanawiyah Fathur Rahman, 2) Untuk Mendeskripsikan Efektivitas Kegiatan
Menanya Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah
Fathur Rahman, 3) Untuk Mendeskripsikan Efektivitas Kegiatan Mengumpulkan
Informasi Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah
Fathur Rahman, 4) Untuk Mendeskripsikan Efektivitas Kegiatan Mengasosiasi
Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Fathur
Rahman, 5) Untuk Mendeskripsikan Efektivitas Kegiatan Mengkomunikasikan
Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Fathur
Rahman.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan
kualitatif dengan jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi,
wawancara, dokumentasi. Sedangkan analisis data berupa kondensasi data,
penyajian data, dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Uji keabsahan data
menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Hasil penelitian ini adalah 1) Efektivitas Kegiatan Mengamati Pada Mata
Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman,
dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik, serta menyajikan
gambar yang dapat diamati oleh peserta didik. 2) Efektivitas Kegiatan Menanya
Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman, dilaksanakan dengan mengajukan pertanyaan atau memberikan sebuah
gagasan mengenai gambar yang telah diamati. 3) Efektivitas Kegiatan
Mengumpulkan Informasi Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah
Tsanawiyah Fathur Rahman, dilakukan dengan cara mencari informasi sebanyak
mungkin, bisa dari LKS, buku paket, buku catatan, internet, atau dari fenomena-
fenomena yang terjadi di lingkungan sekitar. 4) Efektivitas Kegiatan
Mengasosiasi Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits di Madrasah Tsanawiyah
Fathur Rahman, dilakukan dengan cara membentuk kelompok untuk berdiskusi
serta maju kedepan untuk mempresentasikan hasil dari diskusi kelompoknya. 5)
Efektivitas Kegiatan Mengkomunikasikan Pada Mata Pelajaran Al-Qur’an Hadits
di Madrasah Tsanawiyah Fathur Rahman, dilakukan dengan cara membuat sebuah
kesimpulan terkait materi yang telah dipelajari.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education |
Depositing User: | Ms Khoiriyatul Musyarofa |
Date Deposited: | 04 Jan 2023 07:34 |
Last Modified: | 04 Jan 2023 07:34 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16439 |
Actions (login required)
View Item |