Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Di SMPLB Negeri Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020

Fitria, Nurul (2020) Implementasi Kurikulum 2013 Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita Di SMPLB Negeri Jember Semester Genap Tahun Pelajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Nurul Fitria_T20161021.pdf

Download (7MB)

Abstract

Dalam pembelajaran pendidikan agama islam pada anak tunagrahita harus disesuaikan dengan kebutuhan setiap peserta didik baik dalam penyampaian materi maupun pemilihan metode pembelajaran. Anak berkebutuhan khusus tunagrahita memiliki karakteristik yaitu mudah lupa, oleh karena itu dalam setiap pembelajarannya peserta didik dibiasakan untuk membaca surat-surat pendek sebelum memulai pembelajaran. Dalam pembelajaran guru harus memiliki kompetensi dan kesabaran karena anak tunagrahita memiliki keterbelakangan mental. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum 2013 Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SMPLB Negeri Jember? 2) Bagaimana Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum 2013 Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SMPLB Negeri Jember? 3) Bagaimana Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum 2013 Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SMPLB Negeri Jember? Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan Perencanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum 2013 Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SMPLB Negeri Jember 2) Mendeskripsikan Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum 2013 Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SMPLB Negeri Jember 3) Mendeskripsikan Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Kurikulum 2013 Untuk Anak Berkebutuhan Khusus Tunagrahita di SMPLB Negeri Jember Pendekatan yang digunakan penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif. Jenis penelitian yaitu menggunakan penelitian lapangan berupa fenomenologi. Subjek penelitian menggunakan Purposive. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan tehnik Milles, Hubarman dan saldana yaitu kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Uji keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian ini memperoleh:1) Pada tahap pembuatan perangkat perencanaan sudah sesuai dengan kurikulum 2013, akan tetapi banyak guru yang merasa pembuatan perencanaan ini hanya sebagai formalitas sehingga dalam pengumpulannya lebih dari batas waktu yang ditentukan.2) Pada tahap pelaksanaan dilihat dari kegiatan pembelajaran, seperti dalam pembelajaran telah menggunakan pendekatan Scientific, meskipun dalam penerapannya pada beberapa aspek mengalami perubahan atau modivikasi. 3) Bentuk penilaian Pada aspek sikap, guru melakukan pengamatan, meliputi kesopanan, kedisiplinan, dan ketertiban dalam pembelajaran. Pada aspek pengetahuan guru melakukan penilaian dengan cara tes tertulis pada akhir materi. Pada aspek keterampilan diterapkan melalui penilaian praktik ketika menyampaikan hasil diskusinya.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130211 Religion Curriculum and Pedagogy
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 16 Mar 2021 08:13
Last Modified: 16 Mar 2021 08:13
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1644

Actions (login required)

View Item View Item