ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMBINATORIK DALAM PEMECAHAN MASALAH POLA BILANGAN BERDASARKAN KEMAMPUAN KOMPUTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN 2 BONDOWOSO

Solecha, Alvaniatus (2022) ANALISIS KEMAMPUAN BERPIKIR KOMBINATORIK DALAM PEMECAHAN MASALAH POLA BILANGAN BERDASARKAN KEMAMPUAN KOMPUTASI MATEMATIKA SISWA KELAS VIII MTSN 2 BONDOWOSO. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ALVANIATUS SOLECHA_T20187112.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kemampuan berpikir kombinatorik mampu menunjang kemampuan siswa dalam pemecahan masalah matematika baik bagi siswa yang memiliki kemampuan komputasi tinggi, sedang, atau rendah terutama dalam materi pola bilangan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk menganalisis kemampuan berpikir kombinatorik dalam pemecahan masalah pola bilangan berdasarkan kemampuan komputasi matematika siswa kelas VIII MTsN 2 Bondowoso
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses berpikir kombinatorik siswa ditinjau dari kemampuan komputasi tinggi, sedang, dan rendah dalam menyelesaikan soal pola bilangan.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dan teknik pengumpulan data yaitu tes kemampuan komputasi, tes kemampuan berpikir kombinatorik, wawancara dan dokumentasi hasil tes kemampuan berpikir kombinatorik. Analisis data pada penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data pada penelitian ini menggunakan triangulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh kesimpulan: 1) siswa dengan kategori kemampuan komputasi tinggi dengan kode T1 dan T2 mampu memenuhi semua indikator dalam proses berpikir kombinatorik yaitu mampu mengidentifikasi beberapa masalah, mampu memahami kembali permasalahan yang ditemukan, mampu memaparkan masalah dengan sistematis, dan mampu mengubah masalah menjadi sebuah permasalahan kombinatorikal yang lain, 2) siswa dengan kategori kemampuan komputasi sedang dengan kode S1 dan S2 mampu memenuhi semua indikator dalam proses berpikir kombinatorik yaitu mampu mengidentifikasi beberapa masalah, mampu memahami kembali permasalahan yang ditemukan, mampu memaparkan masalah dengan sistematis, dan mampu mengubah masalah menjadi sebuah permasalahan kombinatorik yang lain, 3) siswa dengan kategori kemampuan komputasi rendah dengan kode R2 sudah mampu memenuhi semua indikator dalam proses berpikir kombinatorik, namun pada subjek R1 hanya mampu memenuhi tiga indikator dan belum mampu memenuhi satu indikator yaitu indikator nomor 2 memahami kembali permasalahan yang ditemukan.
Kata kunci: Kemampuan Berpikir Kombinatorik, Pemecahan Masalah, Pola Bilangan, Kemampuan Komputasi

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0102 Applied Mathematics > 010299 Applied Mathematics not elsewhere classified
01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0103 Numerical and Computational mathematics > 010399 Numerical and Computational Mathematics not elsewhere classified
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Alvaniatus Solecha
Date Deposited: 05 Jan 2023 03:20
Last Modified: 05 Jan 2023 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16475

Actions (login required)

View Item View Item