Akuntabilitas Dan Partisipasi Terhadap Transparansi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES) di Desa Tlogosari Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso

Fina Nur, Asiyah (2023) Akuntabilitas Dan Partisipasi Terhadap Transparansi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES) di Desa Tlogosari Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso. Undergraduate thesis, Universitas KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Fina Nur Asiyah__E20183002.pdf

Download (3MB)

Abstract

Fina Nur Asiyah, Dr. Nikmatul Masruroh, S.H.I., M.E.I. 2022. : Akuntabilitas, Dan Partisipasi Terhadap Transparansi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES) Di Desa Tlogosari Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso.

Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) yaitu wujud pertanggungjawaban oleh pemerintah desa guna menyampaikan informasi tentang semua kegiatan-kegiatan yang dilakukan pemerintah desa dan dibiayai oleh uang desa kepada masyarakat. Pengelolaan Dana Desa bersumber dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang digunakan untuk penyelenggaraan pemerintahan, pelaksanaan pembangunan, pembinaan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.
Rumusan masalah penelitian ini adalah 1) Apakah akuntabilitas pemerintah desa berpengaruh parsial terhadap transparansi pengelolaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) di Desa Tlogosari Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso? 2) Apakah partisipasi masyarakat berpengaruh parsial terhadap pengelolaanAnggaran Pendapatan dan Belanja Desa(APBDES)di Desa Tlogosari Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso? 3) Apakah akuntabilitas dan partisipasi masyarakat berpengaruh simultan terhadap transparansi pengelolaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) di Desa Tlogosari Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso?
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui 1) Untuk mengetahui akuntabilitas pemerintah desa berpengaruh parsial terhadap transparansi pengelolaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) di Desa Tlogosari Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso? 2) Untuk mengetahui partisipasi masyarakat berpengaruh parsial terhadap pengelolaanAnggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES)di Desa Tlogosari Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso? 3) Untuk mengetahui akuntabilitas dan partisipasi masyarakat berpengaruh simultan terhadap transparansi pengelolaan dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDES) di Desa Tlogosari Kecamatan Tlogosari Kabupaten Bondowoso?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian statistik deskriptif, populasi penelitian yaitu warga desa Tlogosari yang berjumlah 5.691 orang. Sedangkan mengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling berjumlah 380 orang. Alat analisis data berupa uji instrument data, uji asumsi klasik, uji regresi linier berganda dan uji hipotesis dengan bantuan SPSS Statistic Versi 22.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) Akuntabilitas berpegaruh terhadap transparansi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES) 2) Partisipasi berpegaruh terhadap transparansi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES) 3) Akuntabilitas dan partisipasi berpegaruh terhadap transparansi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES)

Kata Kunci: Akuntabilitas, Partisipasi Masyarakat, Transparansi Anggaran Pendapatan Dan Belanja Desa (APBDES

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149901 Comparative Economic Systems
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Fina Nur Asiyah Fina Nur Asiyah
Date Deposited: 09 Jan 2023 01:27
Last Modified: 09 Jan 2023 01:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16534

Actions (login required)

View Item View Item