Peran Guru Pai Dalam Meningkatkan Kepeduliansosial Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar Dimasa Pandemi di Smp Plus Bustanul Ulum Mlokorejo- Puger- Jember

Mubaroq, Ali Husny (2022) Peran Guru Pai Dalam Meningkatkan Kepeduliansosial Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar Dimasa Pandemi di Smp Plus Bustanul Ulum Mlokorejo- Puger- Jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ALI HUSNY MUBAROQ - T20171324.pdf

Download (3MB)

Abstract

Ali Husny Mubaroq, 2022: Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar Sekolah Dimasa Pandemi Di SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo, Puger, Jember
Peran Guru Pai Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar Sekolah Dimasa Pandemi adalah Segala bentuk Keikutsertaan Guru dalam mengabdikan dirinya untuk mengajar, mendidik serta membimbing peserta didik dengan ilmu yang yang dimilikinya disekolah dengan Mencerminkan kepribadian dengan rasa peduli sosial yang sangat tinggi ditengah masyarakat yang sedang tertimpa masalah sehingga bisa menyelesaikan suatu persoalan secara bersama terutama dimasa pandemic ini
Fokus Kajian yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar Sekolah Dimasa Pandemi Di SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo, Puger, Jember?(2) Bagaimana Upaya Guru PAI Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar Sekolah Dimasa Pandemi Di SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo, Puger, Jember?. Tujuan Pada Penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Bagaimana Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar Dimasa Pandemi Di SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo, Puger, Jember. (2) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan Apa Saja Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar Dimasa Pandemi Di SMP Plus Bustanul Ulum Mlokorejo, Puger, Jember
Penelitian ini menggunakan Pendekatan Kualitatif dengan jenis Penelitian Study Kasus, sedangkan metode pengumpulan data; Observasi, Wawancara dan Dokumentasi. Analisis data ini menggunakan Deskriptif kualitatif dengan model interaktif Miles huberman melalui langkah- langkah: Reduksi Data, Penyajian Data dan Menarik Kesimpulan. Adapun keabsahan data yang digunakan adalah triangulasi Sumber dan teknik.
Hasil Penelitian ini memperoleh kesimpulan Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Kepedulian Sosial Siswa Terhadap Lingkungan Sekitar Sekolah Dimasa Pandemi Di SMP Plus Bustanul Ulum yaitu Sekolah Mengadakan program sedekah sukarela setiap hari minggu terhadap semua penghuni sekolah tanpa terkecuali termasuk guru juga menyisihkan sebagian dari gajinya, mengadakan program berbagi masker setiap pagi menjelang masuk sekolah terhadap siswa yang tidak memiliki masker dan masyarakat sekitar, selalu memberi bantuan kepada teman yang membutuhkan dan tertimpa musibah, selalu memberikan semangat terhadap siswa, menyisikan uang untuk bersedekah terhadap masyarakat di sekitar lingkungan sekolah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1699 Other Studies in Human Society > 169999 Studies in Human Society not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr. Ali Husny Mubaroq
Date Deposited: 06 Jan 2023 08:40
Last Modified: 06 Jan 2023 08:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16539

Actions (login required)

View Item View Item