Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader dan Manager dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Menengah Pertama Al-Furqan Jember Tahun Ajaran 2019/2020

Pratiwi, Erlin Susmiati (2020) Peran Kepala Sekolah Sebagai Leader dan Manager dalam Mengembangkan Kompetensi Profesional Guru di Sekolah Menengah Pertama Al-Furqan Jember Tahun Ajaran 2019/2020. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Jember.

[img] Text
Erlin Susmiati Pratiwi_084143050.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kompetensi profesional guru merupakan salah satu kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru dalam jenjang pendidikan. Dalam Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang guru dan dosen bahwa kompetensi yang perlu dimiliki oleh guru meliputi : kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi. Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai leader dalam mengembangkan kompetensi profesional guru di sekolah menengah pertama Al-furqan tahun ajaran 2019/2020? 2) Bagaimana peran kepala sekolah sebagai manager dalam mengembangkan potensi profesional guru di sekolah menengah pertama Alfurqan tahun ajaran 2019/2020? Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan peran kepala sekolah sebagai leader dan manager dalam mengembangkan kompetensi profesional guru serta memahami materinya di SMP Al-Furqan. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan analisis taksonomi yang bersifat deskriptif, menganalisis peran kepala sekolah sebagai leader dan manager dalam mengembangkan kompetensi profesional guru di SMP Al-Furqan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dan jenis penelitian adalah field research (penelitian lapangan). Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara semi terstruktur, observasi non partisipan, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Peran kepala sekolah sebagai leader dalam mengembangkan kompetensi profesional guru yakni mengikutsertakan guru dalam kegiatan MGMP (Musyawarah Guru Mata Pelajaran), diklat, seminar, membina kemampuan guru dalam penguasaan materi serta pengelolaan pembelajaran, dalam setiap rapat kepala sekolah selalu memberikan motivasi, mengaplikasikan lima budaya kerja kementerian agama yaitu integritas, profesionalitas, inovasi, tanggung jawab, dan keteladanan, serta melaksanakan kegiatan-kegiatan hari besar agama Islam yang berkaitan dengan sosial; 2) Peran kepala sekolah sebagai manager dalam mengembangkan kompetensi profesional guru yaitu mengikutsertakan guru dalam rapat dinas, dan melakukan supervisi, mengundang motivator, juga memberikan contoh yang baik bagi para guru, menumbuhkan sikap saling tolong menolong, bersikap arif dan penyayang terhadap siswanya, memberikan kalimat-kalimat toyyibah, mengumpulkan dana sosial, juga berusaha selalu mengakrabkan diri dengan warga sekolah dengan melakukan komunikasi secara langsung dengan stakeholder. Kata Kunci : Kepala Sekolah Sebagai Leader dan Manager, Kompetensi Profesional Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Depositing User: Ms Maulida Agustiningsih
Date Deposited: 18 Mar 2021 01:47
Last Modified: 18 Mar 2021 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/1654

Actions (login required)

View Item View Item