ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI TEMBAKAU DI DESA WRINGINANOM KECAMATAN JATIBANTENG KABUPATEN SITUBONDO

Muhyidin, Ach. (2023) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENDAPATAN PETANI TEMBAKAU DI DESA WRINGINANOM KECAMATAN JATIBANTENG KABUPATEN SITUBONDO. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI MUHYIDIN WATERMAK.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kabupaten situbondo merupakan penghasil tembakau yang berada di Provinsi Jawa Timur yang melakukan budidaya tembakau. Hampir seluruh Kecamatan di Kabupaten Situbondo ini menghasilkan tembakau. Salah satunya adalah Desa Wringinanom Kecamatan Jatibanteng Kabupaten Situbondo. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa besar pengaruh dari luas lahan, biaya produksi, dan harga jual terhadap tingkat pendapatan petani tembakau di Desa Wringinanom, Kecamatan Jatibanteng, Kabupaten Situbondo.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah luas lahan, biaya produksi, dan harga jual. Data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan data primer. Metode yang digunakan adalah metode survei. Metode pengumpulan data menggunakan angket dan dokumentasi. Pengolahan data dilakukan dengan menggunakan bantuan program software SPSS 25 for windows.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) Luas Lahan Lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan tembakau yang diperoleh dari nilai thitung sebesar 10.332 > ttabel 1,992. 2) Biaya Produksi berpengaruh secara signifikan terhadap naik turunnya pendapatan petani tembakau yang diperoleh dari nilai thitung sebesar -4.700 > ttabel 1, 992. Hal ini menunjukkan bahwa semakin banyak biaya produksi petani maka semakin menurun pendapatan yang diperoleh oleh petani tembakau. 3) harga jual berpengaruh secara signifikan terhadap pendapatan petani tembakau yang diperoleh dari nilai thitung sebesar 4.165 > ttabel 1,992. Hal ini menunjukkan semakin naik harga jual maka akan semakin naik pendapatan yang diperoleh oleh petani tembakau.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140204 Economics of Education
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: muhyidin muhammad Man
Date Deposited: 06 Jan 2023 02:12
Last Modified: 06 Jan 2023 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16553

Actions (login required)

View Item View Item