Khotimah, Afifah (2022) MENINGKATKAN KEMAMPUAN KOGNITIF MENGENAL ANGKA MELALUI METODE BERNYANYI PADA KELOMPOK A RA AL-HIDAYAH KECAMATAN SUMBERSARI KABUPATEN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Text
AFIFAH KHUSNUL KHOTIMAH_T20195019.pdf Download (3MB) |
Abstract
Afifah Khusnul Khotimah, 2022: Meningkatkan Kemampuan Kognitif
Mengenal Angka Melalui Metode Bernyanyi pada Kelompok A RA Al-Hidayah
Kecamatan Sumbersari Kabupaten Jember Tahun Pelajaran 2021/2022.
Kata Kunci : Metode bernyanyi dan Kemampuan kognitif
Salah satu kemampuan anak usia dini yang sedang berkembang adalah
kemampuan kognitif. Ketika anak-anak mengenal angka 1-10, menyebutkan
angka 1-10 dan mengurutkan angka dari yang terkecil ke terbesar atau sebaliknya.
Bermain adalah karakterstik anak usia dini. Metode bernyanyi merupakan cara
yang dapat meningkatkan kemampuan kognitif. Pada kelompok A di RA Al
Hidayah Sumbersari, Jember ditemukan beberapa anak yang kemampuan
kognitifnya masih belum sesuai dengan standar tingkat pencapaian perkembangan
anak dengan terlihatnya siswa yang belum mampu menyebut angka 1-10,
mengurutkan angka secara acak serta mengurutkan angka dari yang terkecil dan
terbesar atau sebaliknya.
Fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana perencanaan metode bernyanyi
dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 pada kelompok A
RA Al Hidayah Sumbersari Jember 2) Bagaimana pelaksanaan metode bernyanyi
dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka lagu 1-10 pada
kelompok A RA Al Hidayah Sumbersari Jember 3) Bagaimana evaluasi metode
bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan kognitif mengenal angka 1-10 pada
kelompok A di RA Al Hidayah Sumbersari Jember.
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan
dan evaluasi metode bernyanyi dapat meningkatkan kemampuan kognitif
mengenal angka pada kelompok A RA Al Hidayah Sumbersari Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Adapun
teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, interview dan dokumentasi.
Sedangkan dalam menganalisis datanya peneliti menggunakan model Miles and
Huberman yang dimulai dari kondensasi data, penyajian data dan penarikan
kesimpulan. Untuk mengecek keasahan data, peneliti menggunakan triangulasi
sumber dan triangulasi metode.
Hasil penelitian : 1) Perencanaan metode bernyanyi dapat meningkatkan
kemampuan kognitif mengenal angka untuk meningkatkan kemampuan kognitif
anak usia dini dibuat oleh guru dengan dituangkan kedalam Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran Mingguan dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian yang
mengacu pada kompetensi inti dan kompetensi dasar, dengan memasukkan
metode bernyanyi. 2) Pelaksanaan metode bernyanyi dapat meningkatkan
kemampuan kognitif mengenal angka dilakukan dengan melibatkan semua anak
sehingga mereka dapat belajar untuk bersabar dan mengenal angka 1-10, dapat
menghargai perasaan orang lain dan belajar tanggung jawab dalam situasi apapun
serta melenturkan kordinasi jari-jari tangan, lengan dan mata (berkonsentrasi). 3)
Evaluasi metode bernyanyi dapat dilakukan pada saat pembelajaran berlangsung
dan setelah pembelajaran berakhir, mencatat perkembangan anak bagaimana
sebelum dan sesudah pembelajaran, mencatat tingkah laku anak, cara merespon
masalah dan mencari solusi pemecahanya.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Islam Anak Usia Dini |
Depositing User: | Miss Afifah Khusnul Khotimah |
Date Deposited: | 06 Jan 2023 03:08 |
Last Modified: | 06 Jan 2023 03:08 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/16564 |
Actions (login required)
View Item |